Situasi Malioboro sepi meski libur hari raya Nyepi. Medcom.id/Ahmad mustaqim
Situasi Malioboro sepi meski libur hari raya Nyepi. Medcom.id/Ahmad mustaqim

Sepi di Malioboro

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 25 Maret 2020 15:12
Yogyakarta: Pedagang di kawasan wisata Malioboro Yogyakarta pasrah. Libur hari raya Nyepi pada Rabu, 25 Maret 2020, kawasan wisata di Kota Yogyakarta ini sepi pengunjung menyusul dampak penyebaran virus korona (covid-19).
 
Pantauan Medcom.id, emperan toko yang biasanya disesaki pedagang dan wisatawan tak terlihat. Kawasan Malioboro tampak lebih lenggang dan landai. Sesekali suara nyaring kendaraan tengah melintas.
 
“Seminggu ini sepi sekali. Sejak minggu kemarin mulai ada penurunan pembeli,” kata Nadia, seorang pedagang di Malioboro, Rabu, 25 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadia berjualan berbagai kerajinan kulit, seperti tas, topi, dompet hingga gantungan kunci. Sejak setahun berjualan, ia merasakan baru kali ini sangat sepi.
 
"Mulai Senin kemarin sangat sepi. Malah sampai enggak ada yang beli sama sekali," ujarnya.
 
Baca:Jokowi Mau APD dan AlatRapid TestRata Tersebar
 
Sejak membuka lapak pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, belum ada satupun dagangannya yang laku. Nadia mengatakan akan tetap berjualan meski sepi.
 
"Tapi kadang laku satu atau dua gantungan kunci. Sama juragan diminta tetap jualan, ya manut saja," ungkapnya.
 
Seorang penjual cinderamata, Citra, mengalami situasi serupa. Meskipun, masih ada beberapa barang dagangannya yang terjual. Ia menjual berbagai gantungan kunci, gelang, hingga berbagai pernak-pernik kerajinan.
 
"Ini tadi laku, tapi hanya sedikit. Padahal kalau libur hari raya pasti ramai," kata perempuan yang berjualan Malioboro selama tiga tahun terakhir ini.
 
Citra mengungkapkan, situasi kali ini adalah yang paling sepi dalam beberapa tahun belakangan. Citra maupun Nadia memilih menutup lapak lebih cepat. Jika biasanya sampai pukul 22.00 WIB, dalam beberapa hari ini hanya sampai pukul 20.00 WIB.
 
|Harapannya penyebaran virus korona ini cepat selesai, biar kami pedagang bisa kembali mencari rezeki. Semoga badai segera berlalu," ungkap Citra.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif