Korban ke empat insiden perahu terbalik di aliran sungai Brantas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ditemukan, Rabu, 4 Maret 2020. Medcom.id/ Amir Zakky
Korban ke empat insiden perahu terbalik di aliran sungai Brantas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ditemukan, Rabu, 4 Maret 2020. Medcom.id/ Amir Zakky

Korban ke-4 Perahu Tenggelam di Jombang Ditemukan

Nasional kapal tenggelam
Amir Zakky • 04 Maret 2020 12:14
Jombang; Korban ke empat insiden perahu terbalik di aliran sungai Brantas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ditemukan pagi tadi. Korban terakhir diketahui bernama Anista Sugandis, 18, seorang perempuan, asal Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.
 
Jasad Anista ditemukan tim SAR di kawasan dermaga penyeberangan perahu di desa Kepuh Doko, Kecamatan Tembelang, atau sekitar 25 kilometer dari lokasi terbaliknya kapal.
 
"Awalnya warga yang menginformasikan ke kita, baru kemudian kita evakuasi dari sisi barat sungai brantas menuju ke sisi timur," kata Komandan Tim Basarnas Surabaya, Novix Hariadi, di RSUD Jombang, Rabu, 4 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Novix menjelaskan jasad Anista dikenali sebagai salah satu korban perahu terbalik berdasarkan ciri-ciri yang masih bisa diketahui pihak keluarga. Selain pakaian terkahir yang dikenakan korban, ada beberapa barang yang ada di jasad.
 
"Dari jaket dan properti ditangan, ayah korban bisa mengenali. Ayah korban yang bernama Sukar, saat itu juga turut menjadi korban dan berhasil selamat," jelas Novix.
 
Dengan ditemukannya korban ke empat dari seluruh korban hilang dalam insiden perahu terbalik ini, lanjut Novix, otomatis akan menghentikan seluruh kegiatan operasi pencarian. Operasi SAR akan segera ditutup pada hari ini.
 
"Kita akan melalukan evaluasi dari seluruh proses operasi SAR selama ini. SAR akan kita tutup dengan seluruh potensi SAR gabungan yang terlibat," pungkas Novix.
 
Sebelumnya perahu kayu bermesin diesel yang mengangkut enam orang dan tiga sepeda motor, terbalik saat sedang menyeberangi sungai brantas, di Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Sabtu, 29 Februari 2020. Perahu terbalik setelah diduga mesin mati akibat tersangkut sampah eceng gondok.
 
Dua orang selamat dalam insiden tersebut, yakni, Feriansyah 25, warga Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk dan Sukar 55, warga Dusun Klaci, Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, yang juga ayah Anista Sugandis.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif