Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. ANTARA/Aditya Rohman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. ANTARA/Aditya Rohman

Pemkot Sukabumi Siapkan Pemulihan UMKM Terdampak Covid-19

Nasional Virus Korona
Antara • 03 Juni 2020 19:57
Sukabumi: Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyiapkan berbagai program untuk pemulihan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19.
 
Kota Sukabumi yang merupakan daerah jasa dan perdagangan, kebanyakan warganya bekerja dan memiliki usaha di bidang perdagangan seperti kuliner, kerajinan, dan lainnya.
 
"Recovery ini agar aktivitas ekonomi UMKM kembali terdongkrak, karena seperti diketahui akibat penyebaran covid-19 ini semua sektor terdampak baik usaha berskala besar hingga mikro," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, di Sukabumi, Rabu, 3 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penyaluran Bansos Diperpanjang Hingga Desember
 
Fahmi menjelaskan sejak pandemi terjadi, sejumlah UMKM ada yang menghentikan usahanya karena tidak bisa produksi. Meskipun demikian masih banyak pelaku usaha yang tetap bertahan, tapi pendapatannya rata-rata menurun.
 
Fahmi menyebut pemulihan ini harus dilakukan agar pelaku UMKM tidak ada yang gulung tikar dan roda ekonomi bisa kembali bergulir.
 
Menurutnya program yang digulirkan disesuaikan dengan kondisi UMKM dan untuk mempercepat pemulihan tersebut, pihaknya meminta dukungan sejumlah badan usaha berskala besar untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR).
 
"Dalam penanggulangan UMKM terdampak covid-19, kami juga sudah menganggarkan biaya tidak terduga. Tapi, kami mengakui untuk me-recovery UMKM ini tidak bisa sendiri harus ada bantuan dari berbagai pihak dan waktunya pun tidak bisa cepat," jelas Fahmi.
 
Di sisi lain, Fahmi mengimbau kepada para pelaku UMKM di masa pandemi ini agar tetap bisa berinovasi dan produktif dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti pemasarannya melalui media sosial atau berbasis daring.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif