NEWSTICKER
Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id
Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id

Proyek Nasional Disebut Jadi Penyebab Banjir Bekasi

Nasional bencana banjir
Antonio • 28 Februari 2020 07:19
Bekasi: Keberadaan proyek strategis nasional (PSN) yakni Tol Jakarta - Cikampek disebut berkontribusi menjadi penyebab banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat. PSN dinilai mengurangi ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH).
 
"Ya salah satu kontribusinya itu (PSN). Ya kita tahu bahwa 5 hingga 10 tahun yang lalu yang namanya jalan tol di sisi dan kanan jalannya itu ada lahan terbuka hijau," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, di Bekasi, Kamis, 27 Februari 2020.
 
Tri mengaku ketersediaan RTH di Kota Bekasi belum mencapai 30 persen. Sementara, berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, setiap kota memiliki 30 persen RTH. Sebanyak 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pemkot Bekasi Segera Tambah Pompa dan Polder
 
Tri melanjutkan pihaknya berencana membatasi pembangunan untuk menambah ketersediaan RTH. Selain itu pihaknya juga menambah polder untuk mengantisipasi banjir.
 
"Tentunya juga ada kontribusi RTH milik publik yang di miliki perumahan-perumahan, sehingga itu menjadi bagian kepemilikan fasilitas sosial dan fasilitas umum pemerintah," sambung Tri.
 
Tri mengaku pun ada keterlibatan pihak swasta untuk mencapai target RTH. Dengan begitu kebutuhan RTH bisa terpenuhi.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif