Ketua Komisi A Eko Suwanto. Foto: medcom.id/Patricia Vicka
Ketua Komisi A Eko Suwanto. Foto: medcom.id/Patricia Vicka

Pemprov DIY Diminta Buat Wisata Pancasila

Nasional pancasila
Patricia Vicka • 05 Februari 2020 17:56
Surabaya: DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong Pemprov DIY mengembangkan wisata Pancasila di Yogyakarta. Pembentukan wisata Pancasila bisa mencontoh Pemkot Surabaya, Jawa Timur.
 
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan DIY memiliki banyak bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Puro Pakualam dan Gedung Agung, yang kerap dijadikan tempat menginap Presiden Soekarno, ketika mengunjungi Yogyakarta.
 
"Pemda DIY perlu lebih memperhatikan bangunan-bangunan bersejarah itu. Sehingga bisa jadi edukasi Pancasila dan edukasi jejak sejarah tokoh bangsa," ucap Eko saat studi komparasi pengamalan Pancasila di DPRD Kota Surabaya, Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan DIY juga memiliki banyak tokoh bangsa yang mengamalkan Pancasila seperti Kota Surabaya. Seperti, Ki Hajar Dewantara, Sri Sultan Hamengkubuwono 9 dan Kyai Haji Ahmad Dahlan.
 
Dia mendorong Pemda DIY untuk melakukan studi komparasi ke Pemkot Surabaya. Dia mencontohkan di Surabaya pun memiliki banyak bangunan bersejarah, di antaranya rumah kelahiran Soekarno dan rumah HOS Cokroaminoto.
 
"Komisi A belajar banyak hal. Bagaimana bangunan bersejarah dirawat dengan baik jadi lokasi wisata. lalu bagaimana pemkot Surabaya dan DPRD Kota Surabaya mengalokasikan anggaran untuk keadilan dan kesejahteran masyarakat di luar jaminan yang ada. Ini praktek rill Pancasila yang bisa dicontoh Pemda DIY," bebernya.
 
Dia membayangkan akan ada paket wisata khusus yang mengedukasi soal Pancasila kepada generasi penerus bangsa. Salah satunya yakni mengunjungi rumah Ki Hajar Dewantara, kamar Soekarno di Puro Pakualaman, dan Monumen Jogja Kembali.
 
Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan pihaknya bersama Pemkot Surabaya selama ini menganggarkan perawatan bangunan bersejarah dalam APBD. Beberapa bangunan-bangunan bersejarah dijadikan cagar budaya dan destinasi wisata.
 

 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif