Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

KPU Surabaya Sudah Seleksi Ratusan Calon PPK

Nasional
Amaluddin • 06 Februari 2020 19:59
Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mencatat 309 dari 583 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Surabaya 2020 lolos seleksi tertulis. Selanjutnya mereka akan mengikuti tes wawancara pada 8-10 Februari 2020 mendatang.
 
"Jadi setelah lolos tes tulis, 309 PPK ini masih harus lulus tes wawancara. Nanti akan terseleksi lagi hingga 10 besar," kata Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Surabaya, Soeprayitno saat dikonfirmasi, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Soeprayitno mengatakan tes wawancara akan digelar selama tiga hari di tempat berbeda. Tes wawancara hari pertama akan dilaksanakan di Kecamatan Asemrowo, Benowo, Bubutan, Bulak, Dukuh Pakis, Gayungan, Genteng, Gubeng, Gunung Anyar, Jambangan dan Karangpilang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian wawancara hari kedua digelar di Kecamatan Kenjeran, Krembangan, Lakarsantri, Mulyorejo, Pabean Cantian, Pakal, Rungkut, Sambikerep, Sawahan, Semampir. Sedangkan wawancara hari ketiga digelar di Kecamatan Simokerto, Sukolilo, Sukomanunggal, Tambaksari, Tandes, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Wiyung, Wonocolo dan Wonokromo.
 
Soeprayitno berharap pihaknya mendapat saran dari kalangan masyarakat mengenai rekam jejak para calon PPK untuk Pilkada Surabaya 2020 ini. Menurutnya saran tersebut bisa menghasilkan PPK berkualitas dan tidak berafiliasi dengan warna (partai) tertentu.
 
"Ini menjadi penting supaya jangan sampai ada badan adhoc nantinya, yang merupakan mantan tim sukses calon anggota legislatif, mantan caleg atau bahkan kader partai," jelas Soeprayitno.
 
Selama ini, kata Soeprayitno, KPU dalam melakukan seleksi pemberkasan selalu berjenjang dan berlapis melibatkan berbagai pihak. Kemudian verifikasi dilakukan oleh semua komisioner. "Penilaian hasil tes tulis oleh korektor dan verifikasi oleh lintas komisioner," pungkas Soeprayitno.
 

(DEN)

TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif