Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pasien Positif Korona di Jabar jadi 26 Orang, 2 Meninggal

Nasional Virus Korona
Roni Kurniawan • 19 Maret 2020 20:12
Bandung: Jumlah pasien positif terjangkit virus korona (covid-19) di Jawa Barat terus bertambah. Teranyar, Pemorov Jabar menyebut 26 orang dinyatakan positif korona, dua orang di antaranya meninggal.
 
"Dari data itu, tiga di antaranya sembuh," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Selanjutnya, warga Jabar berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 132. Tapi, 49 di antaranya telah dinyatakan selesai masa pengawasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang masih dalam pengawasan totalnya 83 orang," imbuh Setiawan.
 
Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) di Jabar sebanyak 1.412 orang. Sebanyak 594 orang di antaranya sudah dinyatakan selesai, sisanya 816 masih dalam pemantauan.
 
Baca:Pasien Positif Korona di Jatim Jadi Sembilan Orang
 
Pihaknya segera menggeser anggaran untuk pengadaan peralatan medis, sehingga bisa mendeteksi penyebaran virus korona. Pemprov Jabar berencana membantu rumah sakit untuk membuat ruang isolasi.
 
"Kami memang merencanakan membeli beberapa peralatan, termasuk (test) kit, PCR (Polymerase Chain Reaction), dan alat pelindung diri lainnya. Termasuk juga bantuan rumah sakit terkait ruang isolasi," ungkapnya.
 
Setiawan menegaskan hanya ODP yang diizinkan melakukan uji laboratorium virus korona. Dia mengakuk pihaknya tebang pilih dalam melakukkan tes covid-19.
 
"Pengawasan atau testing secara proaktif terus dilakukan, itu pun ada kriterianya karena keterbatasan anggaran dan alat, kami pilah mana yang diprioritaskan untuk tes di tahap pertama ini," pungkasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif