Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

Pemprov Jatim Produksi APD untuk Tenaga Medis

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 28 Maret 2020 18:37
Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur segera memproduksi alat pelindung diri (APD), dan perisai pelindung wajah (face shields) untuk tenaga medis yang menangani pasien korona (covid-19). Pemprov menggandeng sejumlah kampus dan rumah sakit.
 
"Kami sudah koordinasi dengan sejumlah RS terkait hal itu," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, di Surabaya, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Emil mengatakan untuk APD bekerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) yang memproduksi baju APD. Emil mengaku telah meminta blue print baju pelindung diri Coverall dari RS UMM, untuk memproduksi lebih banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"RS UMM sudah membuat APD menggunakan bahan Parasut Ripstop T190 atau Poly Propylene Spunbound, itu sudah bisa memberikan pakaian kedap cairan. Kami sudah kontak agar membuat yang banyak," ujarnya.
 
Baca:Anggaran Penanganan Korona Kota Tangerang Rp18 Miliar
 
Sementara terkait pembuatan perisai pelindung wajah, Pemprov Jatim telah mendorong karya kampus ITS yang bekerja sama dengan FK Unair. Termasuk meminta tenaga dan produksinya didorong lebih banyak.
 
"Relawannya kami dorong ditingkatkan jadi 80 orang. Produksinya ditingkatkan dengan memakai mesin potong massal," ujarnya.
 
Emil menerangkan pengadaan APD untuk tenaga medis dibuat dengan sangat hati-hati dan steril. Sehingga bahan dan produksi APD harus sesuai standar keamanan bagi pemakainya.
 
"Jadi pengadaannya sangat hati-hati, karena ini keperluan medis maka tidak bisa asal ada dan asal bikin," ujar Emil.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif