Ayah Carmi, Ilyas. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan
Ayah Carmi, Ilyas. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan

31 Tahun Hilang Kontak, Carmi Dipulangkan Hari Ini

Nasional tki
Ahmad Rofahan • 09 April 2020 14:25
Cirebon: Tenaga kerja Indonesia (TKI), Carmi, 49, yang hilang kontak puluhan tahun di Arab Saudi akan dipulangkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh Arab Saudi. Carmi dipulangkan hari ini, Kamis, 9 April 2020.
 
Bupati Cirebon, Imron, menuturkan dirinya mendapatkan informasi langsung dari KBRI Riyadh Arab Saudi, pada Rabu malam, 9 April 2020. Yakni warganya atas nama Carmi dan beberapa TKI lainnya bakal dipulangkan hari ini.
 
"Dan informasinya sekarang lagi siap-siap mau pulang. Dari Cirebon ada delapan orang dari 97 PMI (pekerja migran Indonesia) yang pulang, termasuk Zubedah tetangga Carmi," kata Bupati Cirebon, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, 9 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 31 Tahun Hilang Kabar, Carmi Ditemukan
 
Ia memperkirakan Carmi dan rombongan PMI lainnya tiba di Jakarta, pada Jumat dini hari, 10 April 2020, yakni pukul 00.00 WIB. Dia mengaku telah menugaskan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon untuk berkoordonasi dengan tim Kementerian Tenaga Kerha dan tim kesehatan di Jakarta.
 
"Untuk penjemputan, kita menunggu keputusan tim di Jakarta, harus diisolasi atau tidak. Kalau diisolasi ya menunggu 14 hari," jelasnya.
 
Carmi sudah 32 tahun bekerja di Arab Saudi sebagai asisten rumah tangga. Namun, hilang kontak dengan keluarga dan baru ditemukan oleh KBRI Riyadh pada Agustus 2019.
 
Carmi merupakan warga asal Blok Kalibangka, Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Anak pertama dari pasangan suami istri Ilyas, 87, dan Warniah, 66. Carmi berangkat menjadi TKW di Arab Saudi pada 1988.
 
Meski sudah ditemukan oleh KBRI Riyadh Arab Saudi pada 28 Agustus 2019, Carmi dan keluarganya harus bersabar karena majikan Carmi belum bisa melunasi gaji selama 31 tahun bekerja.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif