Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Medcom.id/Roni K
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Medcom.id/Roni K

Menteri Erick Pastikan Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Roni Kurniawan • 07 Januari 2021 15:38
Bandung: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memastikan PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi vaksin covid-19. Pasalnya Bio Farma telah mengantongi izin sertifikasi dari BPOM untuk memproduksi vaksin sebanyak 100 juta dosis.
 
Kepastian itu diungkapkan Erick usai memantau langsung kesiapan Bio Farma untuk memproduksi vaksin covid-19 di Bandung pada Kamis, 7 Januari 2021.
 
"Saya sudah pastikan, sesuai arahan saya diawal, Bio Farma harus mempersiapkan kapasitas produksi sebanyak 250 juta (dosis). Sudah siap 100 juta, sudah ada sertifikasinya dari BPOM untuk bisa produksi," ujar Erick seraya memperlihatkan sertifikat yang dikeluarkan BPOM saat gelar konferensi pers di Gedung Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung.
 
Baca: Gubernur NTT Berencana Beli Vaksin Covid-19 Sendiri
 
Erick menuturkan, nantinya Bio Farma akan memproduksi langsung vaksin covid-19 sesuai dengan izin yang telah didapat. Bahan baku vaksin, lanjut Erick, akan tiba ke Indonesia pada pekan kedua Januari 2021.
 
"Minggu kedua bahan bakunya datang, kalau bahan baku datang nanti tentu merupakan hasil produksi Bio Farma," sahutnya.
 
Erick memastikan peralatan produksi yang dimiliki Bio Farma saat ini sudah sesuai standar WHO, sehingga aman untuk digunakan. Bahkan BUMN, lanjutnya, terus berkomunikasi dan koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait sertifikasi halal vaksin yang diproduksi.
 
"Saya sudah ketemu ketua MUI, karena untuk proses halal itu tupoksinya MUI. Jadi kami tidak akan mengklaim ini halal, karena itu tupoksinya di MUI," ucap Erick.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif