Warga berkerumun untuk mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) di gedung SDN Sukasari 4-5, Kecamatan Tangerang. Medcom.id/Hendrik S
Warga berkerumun untuk mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) di gedung SDN Sukasari 4-5, Kecamatan Tangerang. Medcom.id/Hendrik S

Pembagian Bansos Tunai di Tangerang Timbulkan Kerumunan

Nasional Virus Korona bansos Bantuan Langsung Tunai
Hendrik Simorangkir • 09 Januari 2021 17:05
Tangerang: Pembagian bantuan sosial tunai (BST) di gedung SDN Sukasari 4-5, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, dikeluhkan warga. Pasalnya, pembangian BST menimbulkan kerumunan di tengah masa pandemi covid-19.
 
Salah satu penerima BST, Wati Nur Ningsih,  mengaku warga hanya diminta memakai masker. Namun tidak ada jarak saat mengantre.
 
"Enggak ada jaga jarak. Cuma disuruh pakai masker, kalau enggak pakai masker tidak boleh masuk," kata Wati, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Senada, salah satu warga lainnya, Susi, memilih kembali ke rumah dan tidak mengambil BST. Susi khawatir terpapar covid-19.
 
"BST Rp300 ribu. Khawatir saya terkena covid-19 lah melihat kerumunan yang banyak. Belum ambil saya," ujar Susi.
 
Baca: Dapat Bansos Tunai? Ini Cara Memanfaatkannya
 
Sementara itu, Camat Tangerang, Achmad Zuldin, menuturkan penyebab terjadi antrean lantaran masyarakat yang datang tidak sesuai jadwal. Padahal, kata dia, Pemkot Tangerang telah melakukan memberikan jadwal untuk setiap penerima manfaat.
 
“Sosialisasi sudah dilakukan kepada RT, RW serta PSM terhadap penjadwalan yang telah diberikan. Akan tetapi masih terjadi antrean dikarenakan warga datang tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan," jelas Achmad.
 
Pihaknya yang melihat adanya kerumunan, langsung mengerahkan petugas untuk mengurai antrean. Warga diminta untuk menyesuaikan dengan jadwal yang ditentukan.
 
"Alhamdulillah sekarang telah berjalan dengan kondusif," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Belum Tahu Cara Mengecek BST Sudah Cair? Ini Tutorialnya
 
Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi menjelaskan, pembagian BST dari Kementerian Sosial untuk Kecamatan Tangerang sebanyak 16.704 orang. Pelaksanaannya dilakukan di delapan kelurahan.
 
"Dalam rapat koordinasi terakhir bersama Kemensos dan PT Pos Indonesia, kami telah menyampaikan agar dapat menambah personel juru bayar yang akan bertugas," kata Suli.
 
Suli menambahkan, akan mengevaluasi dan berkoordinasi kembali dengan Kemensos dan PT Pos Indonesia terkait penyaluran Bantuan Sosial Tunai.  Sehingga tidak lagi terjadi kerumunan.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif