ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Warga Solo Boleh Salat Id di Lapangan

Nasional Mudik Lebaran Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Triawati Prihatsari • 29 April 2021 16:56
Solo: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo memperbolehkan warga menyelenggarakan salat idulfitri di lapangan dan jalan umum. Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Masykur, mengatakan pelaksanaan tersebut diperbolehkan dengan syarat tertentu.
 
"Salat id di lapangan boleh, kalau masjid atau musalanya kecil. Dan tidak cukup menampung warga sekitar masjid. Tidak boleh juga mengerahkan massa. Jadi salat id utamanya tetap diselenggarakan di masjid atau musala masing-masing lingkungan," kata HIdayat di Solo, Kamis, 29 April 2021.
 
Baca: Bandung Siagakan 8 Cek Poin Halau Pemudik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan Kota Solo tidak lagi berada di zona merah covid-19. Sehingga diperbolehkan menyelenggarakan salat idulfitri berjemaah. Hal itu sama dengan kondisi ramadan tahun lalu.
 
Regulasi terkait penyelenggaraan salat idulfitri bersamaan tidak jauh berbeda dengan salat tarawih berjemaah. Dalam hal ini pihaknya mengandalkan petugas Jogo Tonggo untuk melakukan pengawasan di tingkat warga.
 
"Untuk penyelenggaraan khotbah juga dibatasi. Durasinya tidak boleh lama, nanti kita mengeluarkan buku khotbah dan bisa digunakan warga untuk panduan Khotib. Yang pasti penyelenggaraan salat idulfitri di masjid dan musala tetap tidak boleh melebih 50 persen kapasitas masjid. Kalau melebihi, bisa di luar. Tetap wajib jaga jarak," jelasnya.
 
Sementara terkait dengan kegiatan takbir keliling, Hidayat memastikan hal itu dilarang. Termasuk untuk kegiatan halal bihalal lebaran, dirinya juga tidak menyarankan hal itu karena berpotensi menyebarkan virus covid-19.
 
"Takbir di masjid masing-masing saja dengan pengeras suara. Tetap wajib menerapkan prokes. Tidak usah takbir keliling. Sama halnya dengan halal bihalal. Nanti setelah salat idulfitri, diwakilkan oleh khotibnya untuk saling memaafkan. Jadi tidak ada lagi kunjungan dari rumah ke rumah," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif