ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

1.331 Narapidana Lapas Klas I Tangerang Dapat Remisi

Nasional remisi Idulfitri 2021
Hendrik Simorangkir • 13 Mei 2021 11:25
Tangerang: Sebanyak 1.331 narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi Lebaran 1442 Hijriah. Napi yang mendapatkan remisi terdiri atas beberapa kasus, mulai dari perlindungan anak, penipuan hingga narkoba.
 
Kepala Bidang Pembinaan Lapas Klas I Tangerang, Jonson Manurung, mengatakan para napi yang diusulkan karena berkelakuan baik, tidak melakukan pelanggaran selama di dalam lapas dan juga sudah melalui proses penilaian sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999.
 
"Minimal hukuman sudah dijalani enam bulan sehingga layak diusulkan menerima remisi hari besar keagamaan, Idulfitri," kata Jonson saat dikonfirmasi, Kamis, 13 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pelarangan Ziarah Kubur di Kota Tangerang Diapresiasi
 
Jonson berharap kepada seluruh napi yang mendapatkan remisi dapat memicu rekan-rekannya yang lain supaya turut berbuat baik agar segera dibebaskan.
 
"Pengurangan hukuman atas penilaian berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman," jelasnya.
 
Lapas Klas I Tangerang memiliki jumlah penghuni yang beragama Islam sebanyak 2.162 orang, tapi tak semuanya memenuhi syarat mendapatkan remisi. Pemberian remisi tersebut bervariasi mulai dari yang paling kecil yaitu 15 hari hingga dua bulan.
 
"13 orang untuk 15 hari, 860 orang untuk remisi satu bulan, 346 orang untuk satu bulan 15 hari, serta 112 orang untuk remisi dua bulan. Surat keputusan remisi ini diterima dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM," jelasnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif