Randy Bagus Hari Sasongko, mantan anggota Polres Pasuruan, menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Mojokerto, Jawa Timur, Kamis, 17 Februari 2022.
Randy Bagus Hari Sasongko, mantan anggota Polres Pasuruan, menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Mojokerto, Jawa Timur, Kamis, 17 Februari 2022.

Kasus Aborsi Novia Widyasari, PN Mojokerto Adili Randy

MetroTV • 17 Februari 2022 13:39
Mojokerto: Randy Bagus Hari Sasongko, mantan anggota Polres Pasuruan, menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Mojokerto, Jawa Timur, Kamis, 17 Februari 2022.
 
Dalam sidang tersebut kuasa hukum Randy sempat menyampaikan keberatan terhadap jaksa, karena materi dakwaan baru diterima di hari persidangan itu juga.
 
Dalam sidang tersebut, Randy didampingi 3 kuasa hukum. Agenda sidang perdana yakni pembacaan dakwaan terhadap Randy sesuai pasal yang dikenakan dalam kasus aborsi Novia Widyasari yang berujung bunuh diri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaksa Penuntut Umum membacakan dakwaan dengan pasal 348 KUHP, tentang turut serta dalam aborsi yang disetujui Novia Widyasari. Randy pun terlihat tertunduk mendengarkan dakwaan.
 
Baca juga: Stok Kedelai di Kota Bandung Aman meski Mahal
 
Novia yang saat itu tengah hamil, diminta oleh Randy untuk melakukan aborsi. Atas desakan tersebut, Novia menyetujui permintaannya. Namun pada Kamis, 2 Desember 2021, Novia mengakhiri hidupnya dengan meminum cairan potasium.
 
Dalam pasal tersebut dijelaskan ancaman hukumannya yakni 5 tahun 6 bulan penjara. Sidang yang dipimpin ketua Majelis Hakim Sunoto tersebut ditunda pekan depan dengan agenda lanjutan.
 
Kuasa hukum Randy, Sugeng Prayitno, mengaku keberatan atas pembacaan surat dakwaan oleh JPU. Sebab surat dakwaan baru diterima tim kuasa hukum di hari persidangan. Pada persidangan selanjutnya, tim kuasa hukum memastikan akan menyusun materi keberatan atau eksepsi.
 
"Jadi nanti tim kami akan menyusun eksepsi untuk sidang Kamis (24 Februari 2022). Jadi nanti akan kami susun untuk sidang selanjutnya dan eksepsi kita serahkan ke majelis hakim. Karena baru hari ini kita dapatkan surat dakwaan," kata Sugeng.
 
Baca juga: Bripda Randy Belum Dipecat, Keterlibatannya di Kasus Aborsi Masih Diproses
 
Atas rencana pengajuan eksepsi tersebut, Kasi Pidum Kejari Kabupaten Mojokerto, Ivan Yoko menyatakan telah membacakan surat dakwaan tersebut terhadap terdakwa Randy pada tahap dua, Rabu, 2 Februari 2022 sebelum Randy ditahan di Mapolres Mojokerto.
 
"Pada saat tahap dua, surat dakwaan sudah kami bacakan dan terangkan. Dan dia (Randy) sudah menjawab. Makanya saat itu proses tahap dua lama, karena kita membacakan dan dia menjawabnya," tegas Ivan.
 
Dalam sidang lanjutan pekan depan, lanjut Ivan, pihaknya akan menghadirkan 22 saksi terkait kasus tersebut.
 
"Kita akan usahakan untuk menghadirkan 22 saksi. Mana yang prioritas kita hadirkan dahulu untuk pembuktian," jelas Ivan. (Tamam Mubarok)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif