ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Pemkab Jepara Buka Posko Pengaduan THR

Nasional ramadan Lebaran 2022
Rhobi Shani • 22 April 2022 16:47
Jepara: Masa pembayaran tunjangan hari raya (THR) sudah dimulai. Untuk mengantisipasi adanya permasalahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membuka posko pengaduan THR.
 
Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans), Samiadji, mengatakan Posko Pengaduan THR sudah dibuka sejak pekan lalu. Itu supaya bila ada pengaduan bisa diselesaikan sebelum lebaran tiba.
 
“Posko ini dikhususkan untuk para karyawan yang tidak mendapatkan THR sesuai ketentuan yang berlaku. Itu kan, perusahaan diharuskan membayar THR kepada karyawan tujuh hari sebelum lebaran,” kata Samiadji, Jumat, 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Samiadji menyebut, ada dua posko pengaduan THR. Yaitu di kantor Diskopukmnakertrans dan di Kecamatan Mayong. Pihaknya memilih Kecamatan Mayong karena di wilayah itu terdapat banyak perusahaan besar dengan jumlah karyawan puluhan ribu.
 
“Kalau yang di Mayong, itu tujuannya kami ingin mendekatkan dengan karyawan. Sehingga, karyawan yang punya masalah (terkait penerimaan THR, red.) bisa langsung laporan ke posko,” kata Samiadji.
 
Baca: Pekerja Tak Dapat THR Diminta Melapor
 
Samiadji pun sudah mengedarkan surat resmi terkait pembayaran THR kepada seluruh perusahaan di Jepara. Sampai saat ini belum ada satupun perusahaan yang mengadu terkait persoalan pembayaran THR. Tidak seperti tahun lalu, yang banyak terdapat perusahaan mengadu tak bisa membayar THR tepat waktu lantaran aktivitas bisnisnya masih digebuk pandemi covid-19.
 
“Kalau ada perusahaan yang tidak mau membayar THR, nanti ada teguran dari kami. Akan ada sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Sebab, biar bagaimanapun, perusahaan tetap wajib membayar THR,” kata Samiadji.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif