Peserta JKN-KIS antre membayar iuran di Kantor BPJS Kesehatan Makassar. Medcom.id/Andi
Peserta JKN-KIS antre membayar iuran di Kantor BPJS Kesehatan Makassar. Medcom.id/Andi

Sembilan Daerah di Sulseltra Capai Cakupan Semesta JKN-KIS

Nasional jkn
Andi Aan Pranata • 02 Januari 2018 16:11
Makassar: Sebanyak sembilan kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dan Tenggara mencapai cakupan semesta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2017. Artinya, di daerah tersebut jumlah peserta JKN-KIS sudah melampaui 95 persen penduduk.
 
Daerah tersebut antara lain kabupaten Luwu Timur, Bantaeng, Selayar, Barru, serta Kota Palopo dan Parepare di Sulawesi Selatan. Tiga lainnya di Sulawesi Tenggara yakni kabupaten Konawe Kepulauan, Konawe Utara, dan Bombana.
 
Deputi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Maluku I Made Puja Yasa mengungkapkan, integrasi program JKN-KIS di daerahnya telah terjalin di 58 kabupaten/kota. Dari daerah tersebut, tercatat peserta 11,3 juta dari 15,3 juta penduduk. Setara dengan 74,2 penduduk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini artinya, peran Pemerintah Daerah sudah sangat baik khususnya dari segi komitmen dalam mendaftarkan warganya menjadi peserta JKN-KIS,” kata Made pada konferensi pers di kantornya di Makassar, Selasa 2 Januari 2018.
 
I Made menyebutkan, cakupan semesta JKN-KIS ditargetkan rampung di seluruh Indonesia pada tahun 2019. Pada tahun 2018, banyak kabupaten/kota yang segera menyusul. Hal itu seiring instruksi Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017.
 
Dalam Inpres tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamkesnas, sebelas pimpinan lembaga negara wajib mengambil langkah sesuai kewenangannya untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas program JKN-KIS. Pimpinan lembaga negara itu termasuk di dalamnya gubernur, bupati, dan wali kota.
 
“Presiden telah menginstruksikan kepala daerah agar mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan JKN. Juga memastikan seluruh penduduknya menadi peserta, serta menyiapkan sarana dan prasarana sesuai standar,” ujar Made.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif