ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Fokus Atasi Banjir, Pemkot Tangsel Janji Perbaiki 11 Titik Ini

Farhan Dwitama • 27 September 2022 20:49
Tangerang: Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan bakal melakukan normalisasi, perbaikan, dan pembangunan saluran air di sejumlah titik. Ini guna menanggulangi persoalan banjir di kota tersebut. 
 
11 titik itu, yakni pembangunan prasarana kolam retensi dan turap Kampung Bulak, penataan kolam retensi Griya Asri, pembangunan tandon Puri Bintaro Hijau 2, pembangunan Kali Ciater segmen Ciater Hilir, dan pembangunan Prasarana Kali Baru-Sekunder Parigi.
 
Lalu, pembangunan TPT Kali Serua Segmen Kacang Prima, pembangunan turap Kali Cibenda-Jombang, pembangunan turap Kali Ciputat-Ciputat Baru, pembangunan turap Kali Perumahan Puri Bintaro Indah-Jombang Ciputat, dan pembangunan turap Kali Segmen Nerada-Pondok Payung Mas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain penataan kembali, Pemkot Tangsel juga menanggil pihak pengembang kawasan perumahan yang turut menyebabkan banjir. Salah satunya, pengembang perumahan De Latinos, yang diduga menjadi penyebab banjir di kawasan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong.
 
Kepala DSDABMBK, Robby Cahyadi, mengatakan pihak pengembang belum memenuhi penyediaan drainase lapangan,karena pekerjaan masih tahap awal, berupa pematangan lahan sehingga belum selesai pembuatan tanggul penahan air.
 
"Serta saluran drainase di area proyek belum berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan lumpur tanah mengendap di saluran drainase jalan raya Rawa Buntu, hingga menyebabkan ruas jalan, masjid dan Puskesmas terendam," ungkap Robby dikonfirmasi, Selasa, 27 September 2022. 
 
Menurut dia, pihak pengembang sedang memperbaiki sistem drainase area proyek untuk mencegah air melimpas ke jalan. 
 
"Pengembang sedang membuat kolam tampungan air, tanggul penahan air dan drainase penangkap di lokasi proyeknya, serta membantu membersihkan saluran gorong-gorong yang mengendap lumpur," terang dia. 
 
Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengakui sudah melakukan pemanggilan kepada pihak kontraktor pengembang kawasan perumahan tersebut.
 
"Sudah dipanggil oleh dinas DSDABMBK, termasuk tol itu sudah dilakukan koordinasi bahkan secara bersama-sama melakukan pengerukan sampah," kata Benyamin.
 
Baca: Sungai Cilangla Tasikmalaya Meluap, 2 Desa Terisolasi 
 
Benyamin meminta masyarakat di lokasi banjir untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan memerhatikan kondisi saluran air yang ada. "Karena dari pengalaman kita di luar sedimentasi pasir, tanah dan sebagainya, selalu itu ada sampah, kami minta warga untuk gotong royong mengurangi volume sampah di drainase," ucap dia.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif