Pendidikan Singkawang Normal usai Hepatitis-A Mewabah
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Pontianak: Situasi di sekolah sudah kembali normal pasca kepanikan saat virus Hepatitis-A mewabah di Singkawang, Kalimantan Tengah. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang telah mengambil beberapa langkah.

"Sebelumnya beberapa siswa sempat diliburkan khususnya yang diduga terkena Hepatitis-A, tapi sekarang sudah masuk sekolah seperti biasa," kata Kepala Disdikbud Kota Singkawang, HM Nadjib di Pontianak, Kamis, 13 September 2018.

Dirinya sudah melakukan pertemuan dengan orang tua dan sekolah. Terutama supaya orang tua tidak panik lagi karena kondisi sudah seperti kembali normal.


"Perlunya pertemuan antara orang tua siswa dan sekolah, agar tidak ada saling tuduh menuduh baik antara sekolah, kantin dan juga orang tua," tambahnya.

Disdikbud Kota Singkawang mengimbau siswa selalu menjaga kebersihan. Di antaranya selalu mencuci tangan dengan dan tidak secara bergantian menggunakan peralatan minum dan makan. Di samping itu, pihak kantin diminta tetap selalu menjaga kesehatan makanan dan minuman yang dijual kepada siswa.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Singkawang Helmi Fauzi berterima kasih ke pemerintahan Kota Singkawang yang cepat tanggap menanggulangi kepanikan akan wabah Hepatitis A . Selain meliburkan siswa, Dinas Pendidikan juga meminta agar kantin menutup usahanya hingga wabah ini meredam.

"Ini dilakukan untuk keselamatan anak didik, dan menerapkan asas fleksibilitas sepanjang kantin tersebut bisa memberikan jaminan maka kita persilakan untuk beroperasi," ungkapnya.

Namun, dia meminta sanitasi sekolah seperti tempat mencuci tangan dilengkapi sabun dan air mengalir. Dia memuji orang tua yang memberikan anaknya ransum
atau bekal makanan dan minuman dari rumah.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id