Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

15 Persen Wajib Pajak Tangsel Menunggak

Nasional pajak
Farhan Dwitama • 31 Desember 2019 14:14
Tangerang:Sekira puluhan ribu wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Tangerang Selatan, Banten, menunggak. Tercatat, dari 420 ribu Wajib Pajak (WP), 15 persen di antaranya menunggak PBB.
 
“Kami terus lakukan upaya penagihan pajak,” tegas Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel Indri S Yuniandri, Selasa, 31 Desember 2019.
 
Dia menjelaskan penagihan dilakukan terhadap pengemplang kasus buku lima (WP berbadan hukum) dan perorangan. Penagihan untuk penunggak pajak dengan berkirim surat untuk pemanggilan WP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Selain itu, kami juga bekerjasama dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel," terang Indri.
 
Dia menerangkan sejak dilimpahkan dari pusat ke pemerintah daerah, tunggakan WP berbadan hukum yang tertagih mencapao Rp200 miliar. Sedangkan untuk penunggak perorangan ditagih langsung ke rumah.
 
"Secara door to door," ungkap dia.
 
Pihaknya sudah mengumpulkan Pemasukan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp388 miliar, dari target Rp372 miliar. Sedangkan PAD dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sudah masuk Rp560 miliar dari target sebesar Rp470 miliar.
 
"Tahun depan target PBB naik Rp400 miliar. Secara total, PAD dari sektor pajak di 2020 ditarget sebesar Rp2 triliun," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif