Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)
Bandara Internasional Yogyakarta. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Titik Macet Baru Diprediksi Muncul di Sekitar YIA

Nasional natal dan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 04 Desember 2019 13:38
Kulon Progo: Sejumlah titik baru kemacetan diperkirakan muncul di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Titik kemacetan diprediksi muncul saat libur hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020.
 
Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian Dinas Perhubungan Kulon Progo, Bhekti Nurada, menjelaskan potensi kemacetan muncul karena YIA berada di pinggir jalan nasional. Selain itu, akses jalan nasional juga menjadi pintu keluar menuju wilayah Jawa Tengah.
 
"Ini karena bandara YIA berada di lokasi yang sangat strategis," ujar Bhekti di Kulon Progo pada Rabu, 4 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bhekti mengatakan jajarannya bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kulon Progo telah memantau sekitar area YIA pada Selasa, 3 Desember 2019. Titik yang dipantau yakni pintu masuk bandara, simpang tiga pangkalan, Kecamatan Temon, Pasar Glaeng Kecamatan Temon, dan jalan bawah tanah di bandara YIA.
 
Sejak bandara YIA operasional Mei 2019, jumlah penerbangan terus bertambah. Untuk itu, kata dia, pemantauan akan membantu pemetaan titik rawan macet.
 
Bhekti mengatakan akan menggelar rapat koordinasi bersama Polres Kulon Progo dan stakeholder terkait untuk kelancaran arus lalu lintas. Pembahasan termasuk jalan bawah tanah YIA yang belum diketahui kapan bisa operasional.
 
"Setelah tinjauan itu kita akan tentukan langkah yang tepat dalam upaya antisipasi kemacetan. Apakah dilakukan rekayasa lalu lintas atau ada cara lain," kata Bhekti.
 
Kepala Satlantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto menambahkan pihaknya menyiapkan sejumlah pos penjagaan. Beberapa titik pos yang disiapkan yakni area Pasar Sentolo Baru, Alun-alun Wates, dan YIA.
 
"Jajaran Polsek akan membantu patroli di area obyek wisata dan titik pusat keramaian di malam tahun baru," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif