Ilustrasi. MI
Ilustrasi. MI

KPK Geledah Lima Lokasi di Jawa Timur

Nasional kasus suap kasus korupsi
Amaluddin • 12 Juli 2019 18:50
Surabaya: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah lima lokasi di Jawa Timur (Jatim), termasuk rumah komisioner Bank Jatim Budi Setiawan. Penggeledahan dua hari belakangan terkait kasus dugaan suap pemxbahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD dan/atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2015-2018.
 
"Dalam dua hari kemarin, KPK lakukan penggeledahan di lima lokasi di Jawa Timur," kata
juru bicara KPK Febri Diansyah, Jumat 12 Juli 2019.
 
Salah satu lokasi yang digeledah yakni kantor Badan Pembangunan Daerah Provinsi Jatim pada Rabu, 10 Juli 2019. Pada Kamis, KPK menggeledah empat rumah pribadi sejumlah pejabat yang masih aktif dan telah pensiun di Badan Pembangunan Daerah Provinsi Jatim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antaranya rumah milik mantan Kepala Bappeda Jatim yang saat ini menjabat sebagai salah seorang komisaris Bank Jatim. "Penggeledahan dilakukan terkait dengan sumber dana APBD Tulungagung dari Bantuan Keuangan APBD Provinsi Jatim," kata Febri.
 
Baca: KPK Periksa Komisaris Bank Jatim
 
Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Budi Setiawan. Komisaris Bank Jatim itu diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap anggaran yang menjerat Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Supriyono (SPR).
 
Pemeriksaan ini dilakukan setelah KPK menggeledah kantor dan rumah sejumlah pejabat Bappeda Jatim selama dua hari, Rabu, 10 Juli 2019 dan Kamis, 11 Juli 2019. Kediaman Budi menjadi salah satu lokasi yang digeledah penyidik.
 
Sedangkan 10 orang yang diperiksa bersama Budi merupakan anggota DPRD Tulungagung. Mereka ialah Joko Tri Asmoro, Choirurrohim, Tutut Sholihah, Riyanah, Lilik Herlin, Wiwik Tri Asmoro W, Imam Sapingi, Nurhamim, Imam Sukamto, dan Agung Darmanto.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif