Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Gempa Maluku Terasa Sampai Kupang

Nasional gempa gempa bumi
Palce Amalo • 24 Juni 2019 15:56
Kupang: Gempa Bumi dengan magnitudo 7,4 Skala Richter yang terjadi di Maluku Tenggara Barat, Maluku, Senin, 24 Juni pukul 11.53 WIT, terasa hingga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tak berpotensi tsunami.
 
Informasi Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, getaran gempa dirasakan antara II-III MMI. "Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa," kata kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Kupang Robert Wahyu.
 
Selain Kota Kupang, getaran gempa juga dirasakan di daerah lain di NTT yakni Alor, Waingpu, Sabu, Rote,d, dan Ende. Di Kota Kupang, warga sempat berhamburan keluar dari ruang kerja akibat getaran gempa tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BMKG melaporkan episenter gempa bumi terletak di laut pada koordinat 6,44 LS dan 129,17 BT sekitar 289 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku pada kedalaman 220 km.
 
Selanjutnya pada pukul 12.28 WIT terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,2 pada koordinat 6.48 LS-129.31 BT, sekitar 250 kilometer timur laut Maluku Barat Daya berkedalaman 251 kilometer.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif