NEWSTICKER
Kondisi tanah longsor di Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel, Minggu, 5 Januari 2020. Dokumentasi/ Istimewa
Kondisi tanah longsor di Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel, Minggu, 5 Januari 2020. Dokumentasi/ Istimewa

Jalan Penghubung Lahat-Pagar Alam Tertutup Longsor

Nasional tanah longsor
Gonti Hadi Wibowo • 05 Januari 2020 18:33
Lahat: Akses jalan penghubung di desa Lekung Daun dan Tanjung Mulak, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, tertutup tanah longsor. Akibatnya jalan akses utama dari Kabupaten Lahat menuju k e kota Pagar Alam tidak bisa dilalui.
 
"Selain tanah longsor yang membuat akses jalan Lahat dan Pagar Alam terputus juga membuat pohon tumbang dan banjir di Kelurahan Kota Jaya, Kabupaten Lahat dengan ketinggian air mencapai satu meter," kata Kabid Penanggulangan Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Minggu, 5 Januari 2020.
 
Ansori menjelaskan tanah longsor di Kecamatan Pulau Pinang terjadi pada pukul 05.30 WIB, Minggu, 5 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ansori bencana tanah longsor tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga membuat sungai Lematang di Kabupaten Lahat meluap.
 
Saat ini Bupati Lahat, Dandim 0405, dan Kapolres Lahat telah meninjau ke lokasi bencana tanah longsor dan banjir untuk melaksanakan pendataan serta mengkaji cepat mengenai kejadian tersebut.
 
"Saat ini akses jalan di Kecamatan Pulau Pinang masih tertutup kendaraan belum bisa melintas. Dinas Pekerejaan Umum (PU) sedang melakukan pembukaan akses jalan dengan menggunakan alat berat," jelas Ansori.
 
Untuk banjir di Kelurahan Kota Jaya yang mencapai 1 meter, lanjut Ansori, saat ini sudah berangsur surut karena masyarakat telah bergotong royong untuk membersihkan lumpur dan sampah. Sedangkan untuk pohon tumbang sudah dibereskan sehingga dapat dilalui kendaraan.
 
"Kejadian tanah longsor, banjir dan pohon tumbang itu tidak ada korban jiwa," pungkas Ansori.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif