Karyawan BMKG Wilayah V Jayapura sedang mengecek kondisi angin melalui layar pengamatan. ANTARA/Ardiles Leloltery
Karyawan BMKG Wilayah V Jayapura sedang mengecek kondisi angin melalui layar pengamatan. ANTARA/Ardiles Leloltery

BMKG Catat Lampung Alami Suhu Tertinggi Hingga 36 Derajat Celsius

Nasional kemarau kemarau dan kekeringan BMKG Bandar Lampung
Antara • 19 April 2022 10:13
Lampung: Sejumlah wilayah mulai memasuki musim kemarau. Sehingga cuaca panas juga mulai dirasakan bahkan tercatat wilayah Lampung mengalami suhu terpanas hingga 36 derajat celsius dalam tiga hari terakhir.
 
"Suhu tertinggi dalam tiga hari terakhir tercatat 36 derajat Celcius di Lampung," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab yang dihubungi di Jakarta, Selasa, 19 April 2022.
 
Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek dalam tiga hari terakhir suhu tertinggi tercatat mencapai 34 derajat celsius di Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Sehingga pemanasan matahari jadi tinggi maka suhu naik akibatnya cuaca yang dirasakan panas.
 
Sebelumnya BMKG memprakirakan sebanyak 29,8 persen dari 342 zona musim di Indonesia akan mengawali musim kemarau pada April 2022.
 
Baca: Seluruh Wilayah NTT Memasuki Musim Kemarau
 
Zona musim kemarau pada April 2022 yakni sebagian kawasan Nusa Tenggara, juga zona musim di Bali dan sebagian Jawa.
 
Kemudian sebanyak 22,8 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Mei 2022, meliputi sebagian Bali, Jawa, sebagian Sumatera, sebagian Kalimantan, Maluku dan sebagian Papua.
 
Sementara itu sebanyak 23,7 persen wilayah akan memasuki musim kemarau pada Juni 2022 meliputi Sumatera, sebagian Jawa, Kalimantan, Sulawesi, sebagian kecil Maluku, dan sebagian Papua.
 
Sedangkan untuk 23,7 persen wilayah lainnya, awal musim kemarau tersebar pada Januari, Maret, Juli, Agustus, September, dan Oktober.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif