ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Waspada! 9 Daerah di Sultra Bakal Diguyur Hujan Lebat Hingga Malam

Antara • 20 Mei 2022 16:20
Kendari: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Kondisi ini diprediksi terjadi di sembilan kabupaten di Sultra.
 
Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie mengatakan sembilan daerah tersebut, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara, dan Buton Tengah.
 
"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini di sembilan kabupaten tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Fezal, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Baula, dan Latambaga. Kondisi ini dapat meluas ke Wolo, Tanggetada, Samaturu, dan Iwoimendaa.
 
Di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan lebat terjadi di Kecamatan Ueesi. Kondisi ini dapat meluas ke Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, dan Tinondo. Di Kabupaten Kolaka Utara potensi hujan lebat terjadi di Kecamatan Rante Angin, Wawo, Lambai, Pakue Utara yang dapat meluas ke Lasusua, Batu Putih, Kodeoha, Porehu, dan Katoi.
 
Baca: BMKG Prediksi Terjadinya Air Pasang Laut Perairan Banyuwangi
 
Di Kabupaten Konawe potensi hujan lebat dapat terjadi Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Abuki, Latoma, Anggaberi, Asinua, Konawe, Padangguni, dan Anggotoa. Ini dapat meluas ke Lambuya, Tongauna, Uepai, Routa, Meluhu, Wonggeduku Barat, dan Tongauna Utara.
 
Di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Asera yang dapat meluas ke Wiwirano, Molawe, Lasolo, Oheo, Andowia dan Landawe. Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan terjadi Kecamatan Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur yang dapat meluas ke Wawonii Utara, dan Wawonii Tenggara.
 
Di Kabupaten Muna potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Bone, Marobo yang dapat meluas ke Wakorumba Selatan, Kabawo, Parigi, Pasir Putih, Pasi Kolaga, dan Batukara. Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Bonegunu yang dapat meluas ke Kambowa.
 
Di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan terjadi di Kecamatan Mawasangka yang dapat meluas ke wilayah Kecamatan Mawasangka Tengah. Selain di sembilan daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Tenggara dapat meluas ke Kabupaten Konawe Selatan, utamanya Kecamatan Laonti.
 
"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.20 Wita," jelasnya.
 
BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi hujan lebat yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif