Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan, di Solo, Selasa (21/6/2022). ANTARA/Aris Wasita
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan, di Solo, Selasa (21/6/2022). ANTARA/Aris Wasita

2 Tahun Vakum, Solo Batik Carnival Bakal Tampil di G20

Triawati Prihatsari • 05 Juli 2022 20:38
Solo: Setelah sempat vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi covid-19, Solo Batik Carnival (SBC) bakal meramaikan kegiatan G20, Kamis, 7 Juli 2022. Komunitas SBC akan melakukan kirab dalam agenda G20 dari Rumah Dinas Wali Kota Solo menuju Balaikota Solo.
 
"Kirab nanti kolaborasi antara SBC dan G20. Nanti yang dilibatkan banyak, selain kostum SBC akan ada tari-tarian dan reog juga. G20 kali ini lebih lengkap pokoknya," kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: Perajin Batik di Solo Ganti Produksi demi Bertahan Serangan Covid-19

Seperti diketahui Kota Solo menjadi tuan rumah kegiatan Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 yang berlangsung selama dua hari, 6-7 Juli 2022.
 
Kepala Dinas Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko menambahkan, persiapan agenda tersebut dilakukan secara maksimal. Berbeda dengan side event kegiatan tersebut yang digelar di Solo, April 2022 lalu, konsep kegiatan kali ini lebih mengedepankan konsep nusantara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelumnya hidangan khas Solo yang disajikan. Kali ini nanti lebih ke hidangan khas nusantara saat menjamu delegasi. Kemudian ada juga khas Keraton Solo saat gala dinner. Pameran UMKM juga lebih banyak, kali ini diadakan di Balaikota Solo," jelas Aryo.
 
Sebelumnya TNI/ Polri melakukan persiapan pengamanan kegiatan tersebut dengan meerjunkan 796 personel pengamanan gabungan. Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan penanganan G20 kali ini dilakukan ekstra dengan melibatkan Grup 2 Kopassus.
 
"Personel pengamanan gabungan itu terdiri dari Polresta Solo, Korem 074/Warastratama, Kodim 0735/Surakarta, Grup 2 Kopassus, Kostrad dan BKO Batalyon C Sat Brimob Polda Jateng," jelasnya.
 
Para personel akan diterjunkan ke titik-titik lokasi pelaksanaan TIIWG G20 di Solo, mulai dari kegiatan welcome dinner, persidangan, kirab budaya, dan gala dinner.
 
Beberapa spot akan diamankan mulai dari Hotel Alila tempat persidangan, kemudian Loji Gandrung tempat transit delegasi, Taman Sriwedari termasul Balai Kota Solo dan welcome dinner di Keraton Kasunanan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif