Sejumlah wisatawan mancanegara dari kapal Pesiar MV Boudicca saat berwisata di pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (20/1/2020). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.
Sejumlah wisatawan mancanegara dari kapal Pesiar MV Boudicca saat berwisata di pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (20/1/2020). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Penutupan Taman Nasional Komodo Diperpanjang

Nasional Virus Korona
Antara • 29 Mei 2020 10:05
Kupang: Balai Taman Nasional (BTN) Komodo kembali memperpanjang masa penutupan kawasan Taman Nasional Komodo. Kebijakan itu dikeluarkan melalui surat edaran dengan nomor: PG.466/T.17/TU/REN/05/2020, pada Kamis, 28 Mei 2020.
 
"Sebelumnya pada Maret lalu kita sudah sempat mengeluarkan surat edaran untuk hal yang sama (penutupan sementara TN Komodo) dan berlaku sampai dengan hari ini. Namun kali ini kita perpanjang lagi," kata Kepala BTN Komodo Lukita Awang Nistyantara, Jumat, 29 Mei 2020, melansir Antara.
 
Lukita belum bisa memastikan berapa lama penutupan kawasan wisata tersebut, karena pandemi virus korona. Pasalnya belum ada tanda wabah segera berakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Taman Nasional Komodo masih ditutup sementara, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," imbuhnya.
 
Baca:New Normal di Papua Diperkirakan Juli
 
Dia melanjutkan penutupan dan pembukaan kawasan Taman Nasional Komodo akan menanti hasil evaluasi. Dia pun mengaku belum ada kebijakan resmi dari instansi berwenang terkait pembukaan kembali
 
"Kami belum tahu sampai kapan ini akan ditutup karena hingga saat ini belum ada kebijakan resmi yang dikeluarkan oleh instansi berwenang terkait pembukaan kembali kawasan itu," tambah dia.
 
Lukita memastikan masa perpanjangan penutupan kawasan bertujuan untuk melindungi kesehatan petugas dan warga sekitar. Penutupan kawasan pun sesuai arahan Gugus Tugas Penanganan Covid-l9.
 
"Dalam surat edaran itu kapal pesiar dengan kapasitas banyak penumpang, juga tidak diperbolehkan memasuki kawasan Taman Nasional Komodo, hingga waktu yang belum ditentukan," tukasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif