ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

22 Nakes di Rumah Sakit Lagaligo Lutim Positif Covid-19

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 23 Mei 2020 11:08
Makassar: Sebanyak 22 tenaga kesehatan dan staf di Rumah Sakit Lagaligo, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif covid-19. Puluhan staf itu merupakan bagian dari penambahan 44 kasus di Luwu Timur.
 
"Saya perlu sampaikan di Luwu Timur, dari jumlah ini 44 (tambahan) ada 22 orang dari Rumah Sakit Lagaligo," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari, di Makassar, Sabtu, 23 Mei 2020.
 
Baca: Risma Larang Warga Takbir Keliling di Jalan Raya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


22 yang terpapar covid-19 di Luwu Timur itu terdiri dari perawat, petugas ICU, petugas rawat inap, hingga bagian keamanan. Saat ini mereka telah melakukan isolasi mandiri.
 
"Kita juga sudah anjurkan ke direktur rumah sakit agar yang terpapar dimasukkan dalam program duta covid yang disediakan agar lebih cepat pulih," jelas Ichsan.
 
Ichsan menambahkan bahwa tenaga kesehatan memang menjadi salah satu yang paling berpotensi terkontaminasi atau terpapar virus korona. Menurutnya tenaga kesehatan kerap bersentuhan langsung dengan pasien virus korona.
 
"Bagaimana pun proteksi, resiko itu bisa terjadi," ungkap Ichsan.
 
Dengan adanya tambahan pasien positif virus korona yang cukup besar dari Kabupaten Luwu Timur ini, Ichsan meminta kepada pemerintah setempat untuk meningkatkan atau memperketat penerapan protokol kesehatan.
 
Apalagi di Kabupaten Luwu Timur berbatasan langsung dengan dua provinsi lain yakni Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Tenggara (Sultra). Sehingga, protokol kesehatan harus menjadi perhatian, khususnya di daerah dengan potensi penyebaran virus korona cukup besar.
 
"Kita juga sudah sampaikan kepada Kadinkes Lutim agar protokol kesehatan harus lebih baik, karena di sana juga ada bandara sehingga penguatan ini sangat penting," jelasnya.
 
Dengan adanya penambahan 22 tenaga kesehatan positif virus korona di Kabupaten Luwu Timur itu. Saat ini sudah ada sebanyak 38 tenaga kesehatan di Sulawesi Selatan dinyatakan terpapar virus korona.
 
Sebelumnya sebanyak 16 tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan menangani pasien terpapar covid-19 dinyatakan positif virus korona.
 
Belasan staf Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo itu mulai dari dokter, perawat dan lainnya ini terpapar virus korona saat melakukan penanganan terhadap pasien positif virus korona.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif