Plh Bupati Bengkalis menyerahkan secara simbolis BST bantuan keuangan Pemprov Riau kepada masyarakat terdampak Covid-19.  Antara foto.
Plh Bupati Bengkalis menyerahkan secara simbolis BST bantuan keuangan Pemprov Riau kepada masyarakat terdampak Covid-19. Antara foto.

Tujuh Kabupaten di Riau Belum Salurkan Bansos Covid-19

Nasional Virus Korona
Antara • 07 Agustus 2020 18:15
Pekanbaru: Tujuh dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau hingga kini belum menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak. Pemerintah daerah tersebut terkendala masalah teknis untuk mengalokasikan dana bantuan yang disalurkan dari Pemprov Riau tersebut.
 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Dahrius Husein, menyayangkan lambatnya penyaluran bansos tersebut karena alokasi yang diberikan berdasarkan pengajuan dari pemerintah daerah bersangkutan.
 
"Beberapa kabupaten/kota justru ada yang melakukan verifikasi data ulang. Harusnya ini sudah mereka selesaikan sebelum mengajukan usulan. Karena dananya sudah ada, sebaiknya segera diselesaikan," kata Dahrius di Pekanbaru, Jumat, 7 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkab Sumenep Ajak Kaum Ibu Tegakkan Sadar Protokol Kesehatan
 
Dahrius menjelaskan tujuh kabupaten yang belum menyalurkan bansos tersebut adalah Kabupaten Indragiri Hilir, Siak, Kampar, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Sedangkan lima kota/kabupaten yang sudah menyalurkan bansos adalah Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Rokan Hulu.
 
"Itu pun beberapa daerah masih dalam proses penyaluran, artinya belum tuntas semua," jelasnya.
 
Menurutnya realisasi penyaluran bansos paling tinggi di Kota Dumai, yaitu sekitar 90 persen dan kini memasuki tahap ketiga. Di Pekanbaru dan Kuantan Singingi baru penyaluran tahap pertama, sedangkan di Indragiri Hulu dan Rokan Hulu belum merampungkan penyaluran tahap pertama.
 
"Terhadap orang yang dianggap tidak layak menerima bantuan itu, ya jangan disalurkan. Sementara ada warga yang berhak, namun tidak masuk dalam daftar, bisa dimasukkan nama mereka pada tahap kedua," ujar Darius.
 
Pemprov Riau mengalokasikan dana sekitar Rp191,6 miliar untuk mengatasi dampak sosial dari wabah covid-19 di 12 kabupaten dan kota di provinsi itu. Berdasarkan data Pemprov Riau di Pekanbaru, nilai bantuan keuangan untuk bansos tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor: Kpts.848/V/2020. Bankeu berasal dari APBD Riau tahun anggaran 2020.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif