Pelaksana tugas (PLT) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Medcom.id/Fajri Fatmawati
Pelaksana tugas (PLT) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Medcom.id/Fajri Fatmawati

Tenaga Medis di Aceh Mulai Menempati Tempat Tinggal Sementara

Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 03 April 2020 04:23
Banda Aceh: Tiga gedung yang disiapkan Pemerintah Aceh untuk tenaga medis yang menangani pasien virus korona (covid-19) mulai ditempati. Puluhan petugas medis telah mendaftar.
 
"Dari 28 tenaga medis yang sudah terdaftar, 20 di antaranya sudah mulai menginap," kata pelaksana tugas (PLT) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, di Banda Aceh, Kamis, 2 April 2020.
 
Mereka menginap di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Rinciannya, satu orang dokter, 24 orang perawat dan tiga orang cleaning service.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bukan berarti mereka terinfeksi, tetapi langkah preventif jauh lebih baik. Orang yang menempati ini tidak dalam status ODP, PDP, apalagi terinfeksi, tapi mereka harus bekerja secara aman sesuai dengan protokol," ujar dia.
 
(Baca: 689 Tenaga Medis Diinapkan di Hotel)
 
Tempat tinggal sementara dinilai penting agar mereka tidak langsung berbaur dengan keluarga setelah bekerja. Ini untuk mengantisipasi kekhawatiran penyebaran virus.
 
"Pemerintah akan memberi pelayanan maksimal kepada tim medis agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat pun bisa maksimal," ujar Nova.
 
Nova menuturkan gedung bisa menampung ratusan tenaga medis. Rinciannya, asrama I ada 6 kamar dengan 10 tempat tidur, asrama II tersedia 26 kamar dengan 52 tempat tidur, dan asrama III ada 54 kamar dengan 108 tempat tidur.
 
"Tiga gedung milik BPSDM tersebut mampu menampung sebanyak 160 orang tenaga medis," jelas dia.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif