Arsip foto banjir meliputi permukiman warga di Desa Muara Ninian, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, 29 November 2021. ANTARA/ Ragil Darmawan
Arsip foto banjir meliputi permukiman warga di Desa Muara Ninian, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, 29 November 2021. ANTARA/ Ragil Darmawan

Kabupaten Balangan Kalsel Siaga Banjir

Nasional banjir cuaca ekstrem bencana alam Hujan Deras
Antara • 07 Desember 2021 22:36
Balangan: Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memberlakukan status siaga banjir hingga 12 Desember 2021. Pemkab juga mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadi banjir.
 
"Kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terkait cuaca dan datangnya banjir, karena status siaga banjir masih diberlakukan sampai tanggal 12 Desember," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, H Rahmi, di Paringin, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Baca: Tes PCR 738 Pegawai Pemkot Tangerang, Hasilnya Nihil Kasus Positif

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan pemerintah kabupaten bisa memperpanjang pemberlakuan status siaga banjir jika menilai risiko kejadian banjir masih tinggi.
 
Menurut Rahmi prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi hujan masih terjadi hingga Januari 2022 dan saat hujan lebat turun risiko bencana seperti banjir dan tanah longsor meningkat.
 
Rahmi mengemukakan selama ini upaya penanganan dampak banjir belum terorganisasi dengan baik dan penyaluran bantuan ke daerah-daerah yang terdampak banjir belum berjalan dengan baik.
 
"Melalui rakor kali ini kami memperbaiki sistem organisasi penanganan banjir selanjutnya," jelasnya.
 
Dia menekankan pentingnya sinergi dan kerja sama antara instansi pemerintah terkait dan semua unsur masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana banjir.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif