Sejumlah orang yang ditangkap aparat dalam demonstrasi tolak UU Omnibus Law Ciptaker di Yogyakarta. Medcom.id/ahmad mustaqim
Sejumlah orang yang ditangkap aparat dalam demonstrasi tolak UU Omnibus Law Ciptaker di Yogyakarta. Medcom.id/ahmad mustaqim

45 Pedemo Tolak UU Ciptaker di Yogyakarta Ditangkap

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Ahmad Mustaqim • 08 Oktober 2020 22:35
Yogyakarta: Sebanyak 45 orang ditangkap saat demonstrasi penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) di Yogyakarta, Kamis, 8 Oktober 2020. Mereka ditangkap di beberapa lokasi.
 
Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar Yuliyanto, menjelaskan sebanyak empat orang ditangkap di sekitar Pos Polisi Abu Bakar Ali Malioboro. Setelah itu, menyusul 11 orang ditangkap di DPRD DIY.
 
"Ada dua orang diamankan intel brimob dan dua diamankan Sabhara Polresta (Yogyakarta). Semua dibawa ke Mako Polresta Yogyakarta," kata Yuliyanto dihubungi, Kamis, 8 Oktober.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penangkapan kemudian terjadi di titik lain. Situasi itu terjadi karena aparat memecah massa aksi yang berpusat terlibat kericuhan di sekitar DPRD DIY.
 
Baca:Kota Surabaya Dirusak, Risma Memarahi Pedemo
 
Selanjutnya, 12 orang kembali ditangkap di sekitar parkiran Abu Bakar Ali. Selain itu, setu orang ditangkap di sekitar Pasar Sore Jalan Pabringan, delapan orang ditangkap di sekitar Pos Polisi Teteg, dan lima orang ditangkap di bilangan Jalan Mangkubumi.
 
"Semuanya dibawa ke Mako Polresta Yogyakarta. Kita periksa," imbuhnya.
 
Yuliyanto menambahkan, sembilan orang dilaporkan terluka. Lima di antaranya dari unsur kepolisian. Salah satunya Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda DIY, Komisaris Besar Burkan Rudi Satria.
 
Selain itu, seorang jurnalis televisi, Febian Deri Eka Putra, luka di telunjuk tangan kanan. Lalu, seorang mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Roni Kurniawan, luka di bawah mata kiri.
 
"Ada juga masyarakat sekitar yang mengalami luka. Kebanyakan luka ringan," terangnya.
 
Baca:54 Pelajar di Serang Ditangkap Diduga Hendak Ikut Aksi
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif