Ratusan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Barat
Ratusan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Barat

429 Peserta Aksi di Bandung Ditangkap

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
P Aditya Prakasa • 09 Oktober 2020 15:45
Bandung: Sebanyak 429 peserta aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Barat ditangkap. Mereka yang ditangkap rata-rata berstatus pelajar SMA, pengangguran, bahkan siswa SD.
 
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, mengatakan mereka yang ditangkap selama kurun tiga hari yakni sejak 6-8 Oktober 2020. Pada hari pertama pihaknya menangkap sembilan orang, hari kedua 107 orang, dan terahir sebanyak 207 orang.
 

Mereka yang ditangkap diduga telah melakukan pelemparan terhadap petugas kepolisian dan merusak fasilitas umum. "Mahasiswa ada, pelajar SMA ada, SD ada, dan pengangguran. Bahkan yang masih SD, dia ikut demo liat dari medsos," kata Ulung di Markas Polrestabes Bandung, Jumat 9 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:3 Orang Jadi Tersangka Kericuhan Demo UU Ciptaker di Medan
 
Ulung mengatakan, tiga orang menjalani proses sidik karena diduga melakukan kekerasan terhadap anggota polisi yang berjaga. Untuk peserta lainnya aka dibina dan menjalani rapid test.
 
"Kita lakukan pembinaan terhadap mereka, kemudian kita juga lakukan rapid test yang semalam diamankan, hasilnya semua non reaktif," kata dia.
 
Ulung menambahkan, penangkapan dilakukan terhadap para peserta aksi unjuk rasa karena diduga tetap bertahan di kawasan Gedung DPRD Jawa Barat melakukan kegiatannya hingga melewati batas yang telah ditentukan, yaitu pukul 18.00 WIB. Bahkan aksi anarkistis pun dilakukan oleh pedemo.
 
"Kegiatan itu sampai malam hari, kalau memang mahasiswa, kan dia mengerti hukum. Jam 18.00 WIB harus sudah selesai dan tidak melakukan bakar dan segala macam, dan itu berkumpul," ucap Ulung.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif