ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Khofifah Tetapkan UMK Jatim 2021 Rp1,8 Juta

Nasional ketenagakerjaan upah ump
Amaluddin • 21 November 2020 14:15
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menerbitkan Surat Keputusan Upah Minimum Kota/ Kabupaten (UMK) 2021. Jumlahnya sebesar Rp1,868,777 atau naik 5,5 persen bila dibandingkan UMP 2020 sebesar Rp1,768,000.
 
"Semua aspirasi terkait UMK yang telah disampaikan sudah dicatat semua, dan nanti akan di exercise oleh Pak Sekda dan Kadisnaker Jatim untuk selanjutnya difinalkan oleh dewan pengupahan Jatim," kata Khofifah di Surabaya, Sabtu, 21 November 2020.
 
Baca: Tujuh Daerah di Jatim Tak Bersikap Soal UMK

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah berpesan agar para buruh selalu mengutamakan ketertiban, keamanan, dan kedamaian dalam menyampaikan aspirasinya. Ia berharap buruh tidak lagi menggelar aksi demonstrasi. "Penyampaian aspirasi yang seperti ini mengutamakan ketertiban, keamanan, kedamaian, tidak ada kerusakan dan kerusuhan agar tetap dijaga," jelasnya.
 
Sebelumnya ribuan buruh dari berbagai organisasi menggelar unjuk rasa di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat, 20 November 2020. Salah satu tuntutan adalah kenaikan UMK dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) minimal sebesar 5,6 persen dari tahun sebelumnya.
 
Selanjutnya demonstran ditemui langsung Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. Selain itu Heru menyampaikan bahwa semua aspirasi dari para buruh telah ditampung dan akan dilakukan pembahasan lebih lanjut oleh dewan pengupahan provinsi.
 
"Semua aspirasi sudah diterima dan ditampung ibu gubernur, semoga akan ada hasil yang baik dari pembahsan yang akan segera dilakukan oleh dewan pengupahan," kata Heru.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif