ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemudik di Jepara Tercatat di Aplikasi PPKM Mikro

Nasional Mudik Lebaran Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Rhobi Shani • 04 Mei 2021 15:27
Jepara: Ratusan warga Kabupaten Jepara yang merantau ke berbagai daerah telah tiba di Kota Ukir. Warga yang sudah mudik didominasi warga Kecamatan Kedung, Pakisaji, dan Kembang.
 
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suharsana, mengatakan warga Bumi Kartini yang telah sampai di kampung halaman terdata melalui aplikasi PPKM Mikro. Proses pendataan pemudik dilakukan oleh petugas Satgas PPKM Mikro di tingkat desa.
 
"Sampai saat ini sudah pemudik 188 yang sudah tercatat di aplikasi PPKM Mikro, setiap hari data ini dilaporkan ke provinsi," kata Suharsana saat dikonrifmasi, Selasa, 4 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jumlah Penumpang Bus di Solo Turun
 
Dia menjelaskan berdasar zonasi PPKM Mikro, saat ini di Kabupaten Jepara terdapat 4.545 rukun tetangga (RT) yang masuk dalam kategori zona hijau. Kemudian yang masuk dalam zona kuning sebanyak 128 RT. Lalu yang masuk dalam zona hijau hanya tujuh RT.
 
"Untuk RT zona merah sudah tidak ada," jelas Suharsana.
 
Sebelumnya Bupati Jepara, Dian Kristiandi, memprediksi sebanyak 2.000 warga Bumi Kartini pulang dari perantauan pada musim mudik lebaran tahun ini. Warga Jepara yang merantau ke sejumalah daerah lebih dari 10 ribu jiwa. Sebagian besar, merantau di wilayah Jabodetabek.
 
"Makanya kami minta semua petugas di tim PPKM Mikro untuk melakukan pengecekan dan pencatatan serta kesiapan temen-teman kesehatan. Sehingga mampu mendeteksi mereka yang nekat pulang," ungkap Dian.
 
Pemudik yang telah tiba di kampung halaman akan dites usap antigen. Tes usap dilaksanakan di tiap-tiap Puskesmas. Pelaksanaannya dua kali dalam sepekan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif