Bupati Banyumas, Achmad Husein, saat membayarkan daging sapi yang dibeli salah seorang ibu rumah tangga dengan menggunakan aplikasi berbasis QRIS di Pasar Manis, Purwokerto, Banyumas, Rabu, 21 April 2021. ANTARA/Sumarwoto
Bupati Banyumas, Achmad Husein, saat membayarkan daging sapi yang dibeli salah seorang ibu rumah tangga dengan menggunakan aplikasi berbasis QRIS di Pasar Manis, Purwokerto, Banyumas, Rabu, 21 April 2021. ANTARA/Sumarwoto

Bupati Banyumas Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja

Nasional kebutuhan pokok Ramadan 2021
Antara • 21 April 2021 11:19
Purwokerto: Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengimbau masyarakat bijak dalam berbelanja kebutuhan pokok khususnya saat Ramadan hingga menjelang Lebaran 2021. Imbauan tersebut untuk menjaga stabilitas ketersediaan barang di pasaran.
 
"Tolong (kalau) berbelanja itu jangan berlebih-lebihan dan enggak usah khawatir stok itu (kebutuhan pokok masyarakat) tidak ada. Stok itu ada, sampai Lebaran juga ada," kata Husein di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu, 21 April 2021.
 
Baca: Herman Deru Resmikan 46 Infrastruktur di Musi Rawas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan pasar-pasar tradisional maupun pasar rakyat akan tutup saat Lebaran, sehingga perlu dicari cara untuk mengantisipasinya. Terkait dengan hasil pantauan di Pasar Manis, dia mengatakan secara umum harga kebutuhan pokok masyarakat relatif stabil.
 
"Nanti biasanya lima hari menjelang Lebaran mengalami kenaikan," jelasnya.
 
Oleh karena itu, operasi pasar terhadap kebutuhan pokok masyarakat belum perlu dilakukan. Sementara saat mengunjungi los penjualan daging sapi, dia berkesempatan berdialog dengan salah seorang warga yang hendak membeli daging sapi.
 
Bupati pun memilihkan daging untuk ibu rumah tangga itu dan membayarkannya dengan menggunakan aplikasi berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pedagang, harga sejumlah kebutuhan masyarakat yang dijual di Pasar Manis relatif stabil dalam beberapa hari terakhir.
 
"Harga daging ayam potong masih sebesar Rp40.000 per kilogram. Kalau dibandingkan dengan beberapa hari sebelum puasa, ada penurunan sebesar Rp2.000 karena sempat mencapai Rp42.000/kg, tapi kalau dibandingkan dengan saat kondisi beberapa minggu sebelumnya, ada kenaikan Rp5.000 karena waktu itu hanya Rp35.000/kg," kata salah seorang pedagang, Siti.
 
Selain daging ayam potong, harga daging sapi juga relatif stabil dalam beberapa hari terakhir, yakni masih bertahan di kisaran Rp110.000-Rp130.000/kg yang tergantung pada kualitasnya.
 
Harga cabai rawit merah masih bertahan di kisaran Rp50.000/kg, cabai merah besar berkisar Rp52.000-Rp53.000/kg, dan cabai merah keriting berkisar Rp57.000-Rp58.000/kg.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif