Ilustrasi--Warga India dicek suhu tubuh. (Foto: AFP/DIPTENDU DUTTA)
Ilustrasi--Warga India dicek suhu tubuh. (Foto: AFP/DIPTENDU DUTTA)

117 WN India Diduga Eksodus Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Nasional India Virus Korona konflik india
Hendrik Simorangkir • 23 April 2021 12:48
Tangerang: Kepala Imigrasi Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, membenarkan keterangan Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dokter Benget, terkait adanya seratusan warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia. WNA itu datang ke Indonesia mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
"Mereka terbang menggunakan pesawat AirAsia QZ988. Pesawat itu membawa 127 penumpang dan kru, 117 di antaranya warga negara India," ujarnya, Jumat, 23 April 2021.
 
Romi mengatakan setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, seluruh penumpang pesawat itu menjalani pemeriksaan kesehatan berupa PCR dan swab oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah dinyatakan sehat dan tidak ada indikasi terjangkit covid-19, warga negara India itu menjalani pemeriksaan dokumen kemigrasian," kata dia.
 
Baca juga: RT Berkontribusi Turunkan Kasus Covid-19 di Kota Malang
 
Menurut Romi, ke-117 WNA India tersebut dinyatakan lolos pemeriksaan KKP dan keimigrasian setibanya di Bandara Soekarno-Hatta. 
 
"Mereka memiliki Kitas (kartu ijin tinggal terbatas) dan Kitap (kartu ijin tinggal tetap)," ucapnya.
 
Setelah itu, Romi menambahkan seratusan WNA India itu langsung dikarantina lima hari oleh Satgas covid-19. Saat akan dikarantina, mereka juga langsung menjalani PCR ulang 
 
"Pemeriksaan itu bertujuan memastikan mereka benar-benar aman dari covid-19," jelasnya.
 
Sebelumnya, sebanyak 127 WNA asal India tiba di Indonesia pada Kamis, 22 April 2021. Kedatangan ini terjadi ketika kasus covid-19 di India tengah melonjak.
 
Peningkatan kasus di India cukup mengkhawatirkan, yaitu 300 ribu kasus per hari. Angka tersebut tercatat terbanyak sepanjang pandemi covid-19 pertama ditemukan.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif