Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)

Penyuluh Pertanian Tombak Ketahanan Pangan Nasional

Nasional kementerian pertanian
Muhammad Syawaluddin • 26 Oktober 2019 15:54
Makassar: Pengelolaan pertanian di Indonesia menjadi agenda penting untuk menciptakan ketahanan pangan. Penyuluh pertanian pun berperan penting memastikan upaya menciptakan ketahanan pangan terus berjalan.
 
"Penyuluh adalah inti gerakan. Tidak ada yang bai0k tanpa agenda intelektual yang baik, dan kalian (penyuluh pertanian) adalah ilmunya pertanian yang ada di lapangan," kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di BBPP Batangkaluku, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu, 26 Oktober 2019.
 
Mantan Gubernur Sulsel meminta penyuluh pertanian menjadi garda terdepan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan. Ia mengaku berharap banyak pada kinerja penyuluh pertanian di daerah-daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalian (penyuluh pertanian) adalah otaknya petani, pemegang manajemen pertanian di bawah. Kalian yang menunjukkan mulai dari hulu ke hilir, mulai dari tanam sampai petik hingga jual," jelasnya.
 
Syahrul menginginkan penyuluh pertanian menjadi pasukan khusus di dalam sektor pertanian sehingga, pengelolaan pertanian di Indonesia berjalan dengan baik, khususnya di Sulawesi Selatan.
 
"Dengan itu, saya akan menjadikan penyuluh lima kali lebih banyak dari yang sekarang," ungkapnya.
 
Ia menambahkan kekuatan sebuah negara ditentukan oleh pertanian. Dan yang mengurusi pertanian adalah orang-orang andalan negara.
 
"Jadilah penyuluh andalan di desa masing-masing. Kalau tidak, berhenti kau jadi penyuluh," katanya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif