Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal)

Sekolah di Jepara Buat Surat Perjanjian dengan Wali Murid

Nasional Kekerasan di Sekolah
Rhobi Shani • 10 September 2019 14:05
Jepara: Sekolah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendukung rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuat kontrak belajar. Melalui surat pernyataan, orang tua dan siswa 'diikat' dengan perjanjian untuk patuh pada hak dan kewajibannya selama berada di sekolah.
 
"Pernyataan orang tua dan siswa tentang kewajiban di sekolah itu seperti membimbing, mengarahkan anak supaya rajin belajar, dan taat tata tertib sekolah," ujar Ketua Musyawrah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Jepara, Udik Agus DW, kepada Medcom.id, Selasa, 10 September 2019.
 
Selain menandatangani surat pernyataan, tata tertib sekolah juga disosialisasikan kepada orang tua siswa. Setiap tahun ajaran baru, wali murid wajib hadir di pertemuan sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Itu kesepakatan semua sekolah melalui forum MKKS, sebagai pelayanan menjauhi kekerasan. Sekolah juga diharapkan membuka portal pengaduan. Baik secara langsung, manual, maupun daring,” kata Udik.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengungkapkan, surat penyataan itu telah berlaku di sekolah menengah pertama dan atas. Kontrak berlaku untuk sekolah dan wali murid.
 
“Kalau orang tua setuju, tanda tangan. Dikembalikan ke sekolah, dikumpulkan. Andai sewaktu-waktu ada komplain, sekolah tinggal buka (perjanjian),” ungkap Agus.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif