Sebuah bus Trans Jogja berjalan melintas di Jl. Ahmad Yani, Yogyakarta, Rabu (5/9). ANTARA/Noveradika
Sebuah bus Trans Jogja berjalan melintas di Jl. Ahmad Yani, Yogyakarta, Rabu (5/9). ANTARA/Noveradika

Dewan Usulkan Trans Jogja Punya Jalur Khusus

Nasional transportasi
Patricia Vicka • 02 Desember 2019 15:22
Yogyakarta: Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, mendorong Pemda DIY membuat jalur khusus Trans Jogja. Kehadiran jalur ini diharapkan mengurangi angka kecelakaan dan mengurangi kemacetan di kota budaya ini.
 
Huda menjelaskan adanya jalur khusus membuat Trans Jogja bisa memberikan kepastian waktu datang dan berangkat.
 
"Kami inginkan ke depan Trans Jogja lebih baik dan diberikan jalur prioritas. Supaya Trans Jogja ga kejebak macet seperti sekarang. Jadi ada kepastian waktu tempuh dan waktu datang ke halte," kata Huda di Yogyakarta , Senin, 2 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Huda menjelaskan adanya kepastian waktu ini dinilai dapat menarik masyarakat naik Trans Jogja. Sehingga kendaraan pribadi akan berkurang dan kemacetanpun menurun.
 
Huda juga mendesak pengelola Trans jogja PT Anindya Mitra International (AMI) untuk melakukan evaluasi rutin kepada driver dan perawatan bus. Lantaran pihaknya kerap mendapat keluhan warga adanya bus TJ yang ngebut, dan kondisi bus yang tidak laik jalan.
 
"Saya gamau dengar lagi ada bus Trans Jogja ugal-ugalan, melanggar lalu lintas, atau kebut-kebutan dan knalpot seperti cerobong asap," jelas Huda.
 
Usai adanya perbaikan, Huda berharap masyarakat mau lebih sering naik Trans Jogja.
 
Sementara Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo, mengatakan pihaknya sudah merencanakan adanya jalur khusus untuk Trans Jogja. Namun pihaknya sedang memikirkan bentuk jalur khusus tersebut.
 
Ia menjelaskan tidak mungkin membuat jalur khusus yang berupa jalanan diberi pembatas seperti jalur Trans Jakarta.
 
"Jalanan Jogja itu sempit-sempit. Kalau dibuat seperti jalur trans Jakarta, bisa tambah macet. Masih kita pikirkan apa berbentuknya," pungkas Sigit.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif