Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly

130 Desa Sadar Hukum di Jawa Barat Diresmikan

Nasional kemenkumham
P Aditya Prakasa • 04 Desember 2019 13:34
Bandung: Sebanyak 130 desa di Jawa Barat diresmikan sebagai desa sadar hukum oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Peresmian itu bertujuan untuk membangun kesadaran hukum di tengah-tengah masyarakat guna membantu pembangunan nasional.
 
Yasonna mengatakan kesadaran hukum bagi masyarakat sangat penting. Dia menilai masyarakat yang sadar akan hukum juga mencegah kerusuhan atau ketidaktertiban di lingkungan masyarakat.
 
"Kita tidak bisa membayangkan daerah provinsi, desa, atau masyarakatnya tidak taat hukum maka bisa menjadi kerusuhan, ketidaktertiban, orang akan melanggar hukum, berbuat sesukanya dan ini akan menghambat kita dalam pembangunan nasional," kata Yasonna di Gedung Sate, Kota Bsndung, Rabu 4 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yasonna mengatakan, ada 130 desa dan kelurahan dari 96 kecamatan di 21 kabupaten/kota di Jawa Barat yang diresmikan sebagai desa sadar hukum. Menurut Yasonna, jumlah tersebut masih akan bertambah seiring berjalannya waktu.
 
"Tentunya masih banyak di Jabar itu kan masih ada 50 persen lagi, tapi di sini terbanyak. Kita dorong terus daerah lain ada yang masih 30 persen, ini akan terus kita lakukan dan bagi daerah yang sudah merebut hari ini, mereka harus mempertahankan itu dan terus meningkatkannya," ucap dia.
 
Saat ini, kata Yasonna, Kemenkum HAM sendiri menyiapkan bantuan hukum dari 524 Organisasi Bantuan Hukum dan 1.400 paralegal yang akan membantu masyarakat. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan pengacara-pengacara untuk bisa membantu masyarakat yang terkena persoalan hukum.
 
"Untuk itulah kami bekerja sama dengan kantor hukum, lawyer meningkatkan paralegal supaya mereka bisa membantu masyarakat. Jadi ada lawyer misalnya jangan hanya mencari uang tapi sedikit waktumu pakailah untuk menolong orang-orang miskin di samping tentunya ada LBH dan kampus-kampus yang ada bantuan hukumnya," kata Yasonna.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif