Longsor di Desa Kunir Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terjadi pada musim hujan awal tahun ini. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani
Longsor di Desa Kunir Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terjadi pada musim hujan awal tahun ini. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

35 Desa di Jepara Berpotensi Terdampak Longsor

Nasional bencana longsor
Rhobi Shani • 17 November 2019 14:12
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memetakan potensi daerah terdampak longsor, banjir, dan angin puting beliung pada musim hujan tahun ini. Berdasarkan Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Jepara Tahun 2017, sebanyak 35 desa berpotensi daerah terdampak longsor.
 
Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan sebanyak 35 desa berpotensi daerah terdampak longsor tersebar di sembilan kecamatan. Yaitu Kecamatan Naslumsari, Mayong, Jepara, Batealit, Pakisaji, Bangsri, Kembang, Keling, dan Donorojo.
 
"Ada beberapa desa yang setiap musim hujan terjadi longsor, contohnya Desa Bungu Kecamatan Mayong dan Desa Tempur Kecamatan Keling," ujar Arwin, Minggu, 17 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada dua desa di Kecamatan Nalumsari yang berpotensi terdampak longsor, yaitu Desa Muryolobo dan Bategede. Kemudian di Kecamatan Mayong ada empat desa, yaitu Bungu, Pancur, Bandung, dan Pule.
 
Lalu di Kecamatan Jepara Kota juga ada empat desa, itu adalah Desa Mulyoharjo, Kelurahan Bapangan, Kelurahan Saripan, dan Kelurahan Pengkol.
 
"Di Kecamatan Batealit dan Bangsri ada tiga desa, lalu di Kecamatan Pakisaji ada dua desa yang berpotensi terdampak longsor," kata Arwin.
 
Kecamatan yang wilayahnya paling banyak berpotensi terdampak longsor yaitu Kecamatan Donorojo. Tujuh desa di wilayah ini yang berpotensi terdampak longsor yaitu Desa Banyumanis, Clering, Jugo, Sumber Rejo, Ujung Watu, Tulakan, dan Blingoh.
 
Daerah berpotensi terdampak longsor cukup tinggi lainnya Kecamatan Kembang. Ada enam desa di Kecamatan Kembang yang berpotensi terdampak longsor yaitu Desa Balong, Bucu, Cepogo, Dudakawu, Pendem, dan Sumanding.
 
"Masih ada satu kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Keling. Di wilayah ini desa yang berpotensi ada empat, yaitu Desa Tempur, Kunir, Watuaji, dan Damarwulan," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif