Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan). Foto: ANT/Yudhi Mahatma
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan). Foto: ANT/Yudhi Mahatma

e-Perfomance Pemkot Surabaya Pantau Aktivitas Pegawai

Nasional pemerintah daerah
Antara • 11 Oktober 2019 10:34
Surabaya: Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini menggunakan aplikasi e-perfomance untuk memantau kinerja pagawainya. Aplikasi e-perfomance berfungsi untuk mengisi kegiatan para pegawai setiap hari.
 
"Kalau mereka bohong akan ketahuan, karena sudah saya koneksikan dengan absen dan capaian kinerja mereka itu sendiri. Jadi, akan ketahuan kalau berbohong," kata Risma, di Surabaya, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Risma menuturkan e-perfomance juga menentukan tunjangan kinerja (tukin) para pegawai di Pemkot Surabaya. Dia menerangkan bila ada pegawai tidak mengisi kegiatan selama lembur maka di e-perfomance tampak tidak bekerja meski pulang malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tidak mengerjakan apa-apa terus dia pulang malam itu untuk apa? Jadi, dia harus mengisi seluruh kegiatannya setiap hari. Kemudian akan berdampak pada pendapatan yang mereka terima," bebernya.
 
Dia mengingatkan agar setiap pegawai negeri sipil (PNS) wajib mengisi e-perfomance. Risma tak segan memberi sanksi ke PNS yang melanggar aturan kerja, mulai dari ketepatan waktu sampai kinerja.
 
"Jadi kalau di sini hukuman mulai dari kepala dinas sampai staf. Tidak ada cerita kepala dinas itu aman. Kalau dalam pengelolaan dia salah, maka dia akan kena hukuman," ujarnya.
 
Dia menyatakan risiko dan sanksi yang diberikan terhadap pegawai yang melanggar aturan cukup berat. Oleh karena itu, dirinya tidak perlu mengawasi satu per satu setiap hari.
 
"Contohnya begini, kalau mereka misalnya tidak ada di kantor kemudian harus segera mencairkan dana, bisa tidak bisa mereka harus mencairkan saat itu juga, tidak ada kompromi. Apalagi semua sudah menggunakan eletronik, jadi bisa tanda tangan elektronik," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif