Wakil Kepala Korps Brimob Brigjen Abdul Rakhman Baso berbincang dengan Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Johny Sumbung dan Kasubdit Siaga dan Latihan Basarnas Nanang Sigit. (Foto: Medcom.id/Octavianus)
Wakil Kepala Korps Brimob Brigjen Abdul Rakhman Baso berbincang dengan Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Johny Sumbung dan Kasubdit Siaga dan Latihan Basarnas Nanang Sigit. (Foto: Medcom.id/Octavianus)

2.500 Personel Brimob Siaga Bencana

Nasional penanggulangan bencana Mitigasi Bencana
Octavianus Dwi Sutrisno • 16 Desember 2019 12:44
Depok: Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polri menerjunkan ribuan personel guna siaga bencana. Brimob akan bekerja bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam penanganan bencana. 
 
"Selain pengamanan Natal dan Tahun Baru (2020), (pengamanan) tidak terlepas dari bahaya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor," ujar Wakil Kepala Korps Brimob Brigjen Abdul Rakhman Baso, di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin, 16 Desember 2019.
 
Abdul mengatakan personel Brimob akan bergabung dengan Satgas pengungsian dan perlindungan, Satgas Kedokteran dan Kesehatan, Satgas Lidik Sidik, dan Satgas Bantuan Operasi (Banops). Masa tugas tak terbatas dalam status tanggap bencana namun juga pascadarurat bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain personel, Brimob juga menyiapkan sarana pendukung transportasi guna operasi penyelamatan ketika terjadi bencana.
 
"Personel siap digeser ke wilayah-wilayah rawan bencana dengan pencerahan (informasi) dari BNPB, BNPT dan BMKG," jelasnya.
 
Sementara itu, Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Johny Sumbung, mengapresiasi bantuan yang diberikan Brimob Polri. Termasuk dukungan logistik dan peralatan yang mendukung operasi bantuan bencana.
 
"Ini memperlihatkan Polri ikut siap menghadapi musim hujandengan titik kerawanannya. Langkah-langkah strategis juga, akan segera kami lakukan," imbuhnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif