ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Penumpang Mudik di Bandara Hang Nadim Turun 20 Persen

Nasional Mudik Lebaran 2019
Anwar Sadat Guna • 24 Mei 2019 16:58
Batam: Aktivitas penumpang yang akan mudik tahun ini melalui Bandara Hang Nadim Batam masih sepi. Masih tingginya harga tiket dan bagasi berbayar membuat peningkatan arus penumpang di bandara belum meningkat.
 
Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan pihaknya tetap menjaga kesiapan meski penumpang antusias calon penumpang belum terlihat tinggi.
 
"Memasuki arus mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim, dari sisi pengamanan sudah siap. Namun harga tiket yang masih mahal dan bagasi berbayar, kenaikan jumlah penumpang belum signifikan," kata Suwarso saat dikonfirmasi, Jumat, 24 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suwarso menjelaskan jika dibandingkan tahun lalu atau dua minggu ramadan, arus penumpang di bandara mulai mengalami peningkatan signifikan. Jika dibandingkan pada periode sama tahun lalu, jumlah penumpang yang berangkat melalui Hang Nadim Batam mencapai 8.000 orang.
 
"Saat ini atau rata-rata per hari, hanya sekitar 5.000 penumpang yang berangkat. Ada penurunan sekitar 20 persen bila dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini mulai terasa di pekan pertama bulan Mei 2019. Sedangkan pada tanggal 1 hingga 4 Mei 2019, jumlah penumpang masih ada di kisaran 6.000 orang," ungkap Suwarso.
 
Untuk rute penerbangan yang mengalami penurunan jumlah penumpang yakni tujuan Jakarta, Medan, dan Padang. Sebelumnya pada masa normal yang harga tiket stabil dan bagas belum berbayar, penerbangan ke Jakarta sebanyak 14 flight.
 
"Namun saat ini hanya 8 atau 9 penerbangan, yakni maskapai Garuda, Citilink, dan Lion Group. Ke Medan sebanyak 4 flight, yakni Citilink dan Lion Air. Namun sekarang tinggal dua fligt. Tujuan Padang, normalnya tiga flight yakni Citilink dan Lion Air, namun sekarang hanya satu hingga dua flight yakni Citilink dan Lion Air," beber Suwarso.
 
Untuk rute penebangan lainnya juga terasa penurunanya namun tidak terlalu signifikan. "Untuk tingkat keterisian jumlah seat atau kursi penumpang, untuk saat ini satu flight rata-rata terisi sekitar 80 persen," pungkas Suwarso.
 
Upik, 28, calon penumpang tujuan Padang mengatakan akan mudik Lebaran ke Padang, Sumatera Utara bersama seorang anaknya. Upik membeli harga tiket tujuan Padang sekitar Rp900 ribu per orang. "Kenaikan harga tiket masih terasa, masih mahal," keluh Upik.
 
Hal senada disampaikan Elza, 19, yang akan mudik ke Padang. Mahasiswi Poltek Batam ini mengaku bahwa harga tiket tujuan Padang masih terasa tinggi. Ia membeli tiket seharga Rp900 ribu. Biasanya, mahasiswi Jurusan Informatika ini membeli tiket tujuan Padang Rp500-600 ribu. "Biasanya kalau hari normal tidak setinggi ini, paling mahal sekitar Rp600 ribu," ujar Elsa.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif