Pelantikan Sanadjihitu Sangadji oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Foto: Medcom.id/S Hadi
Pelantikan Sanadjihitu Sangadji oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Foto: Medcom.id/S Hadi

Kadiskominfo Sidoarjo Turut Ditangkap KPK

Nasional OTT KPK
Syaikhul Hadi • 09 Januari 2020 12:13
Sidoarjo: Sanadjihitu Sangadji ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Sanadjihitu diketahui baru dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa, 7 Januari 2020.
 
Sanadjihitu dilantik bersama tiga orang lainnya yakni Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo; Mochamad Bachruni Aryawan, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Eni Rustianingsih, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Edi Kurniadi. Namun pada Rabu dini hari, 8 Januari 2020, Sanadjihitu ditangkap KPK.
 
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang turut ditetapkan tersangka melantik Sanadjihitu. Saiful menerangkan seleksi pengisian jabatan dilakukan mulai dari seleksi administrasi, rekam jejak, penilaian kompetensi manajerial, penilaian kompetensi bidang, dan tes kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu semua agar kedepannya bisa didapatkan figur seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memiliki kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," jelas Saiful saat melantik Jajaran Kepala Dinas dan Pegawai dilingkungan Pemda, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Namun beberapa jam setelah dilantik, Sanadjihitu Sangadji dijemput KPK di rumahnya sekitar pukul 00.25 WIB. KPK juga menangkap 10 orang lainnya termasuk Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.
 
KPK menetapkan enam tersangka kasus suap proyek di Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Sidoarjo. KPK juga menyita uang senilai Rp1,8 miliar.
 
Tersangka penerima suap yakni Bupati Sidoarjo Saifulah Ilah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih, Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Judi Tetrahastoto dan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Sanadjihitu Sangadji. Sementara sebagai pemberi yakni swasta Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif