Warga terdampak gempa Kabupaten Malang, Jatim. Medcom.id/Daviq Umar
Warga terdampak gempa Kabupaten Malang, Jatim. Medcom.id/Daviq Umar

Kabupaten Malang Tetapkan Masa Transisi Pascagempa

Daviq Umar Al Faruq • 11 Mei 2021 15:36
Malang: Masa Tanggap Darurat bencana gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berakhir pada 7 Mei 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang selanjutnya menetapkan Masa Transisi Darurat Menuju Pemulihan yang memfokuskan pada penanganan pengungsi, serta perbaikan fasilitas sosial dan fasilitas umum.
 
"Masa transisi menuju pemulihan ditargetkan selesai hingga akhir 2021," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Selasa 11 Mei 2021.
 
Bambang mengatakan, segala hal yang berkaitan dengan penanganan dikurangi selama masa transisi. Selanjutnya berganti dengan masa rehabilitasi serta rekonstruksi menuju kehidupan normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Segala hal yang berhubungan dengan pemulihan bangunan rumah masyarakat terdampak maupun fasilitas umum akan kita carikan solusinya. Termasuk hunian sementara yang saat ini sudah terbangun sebagian," bebernya.
 
Baca: Kantor Gubernur Sulbar Mulai Dibangun Usai Roboh Diguncang Gempa
 
Sementara soal kucuran bantuan dana tunggu senilai Rp500 ribu dari BNPB, Bambang menyebutkan, Pemkab Malang masih melakukan inventarisasi. Berdasarkan data sementara, tercatat sekitar 1.600 warga yang diajukan menerima bantuan dana tunggu.
 
"Data terus di-update, tujuannya agar bantuan ini tepat sasaran, karena akan ditransfer melalui rekening masyarakat itu sendiri," terangnya.
 
Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 10 April 2021. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut menyebabkan empat warga meninggal dan 110 orang luka-luka.
 
Kemudian, sebanyak 10.482 unit bangunan rumah mengalami kerusakan. Rinciannya, 4.490 unit rumah rusak ringan, 4.104 unit rumah rusak sedang, dan 1.888 rumah rusak berat. Sebanyak 32 dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang terdampak gempa tersebut. Fasilitas umum yang mengalami kerusakan antara lain, 226 bangunan sekolah, 23 unit fasilitas kesehatan, 233 bangunan rumah ibadah dan 159 unit fasilitas umum lainnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif