ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

31 Faskes di Kota Yogyakarta Disiapkan untuk Penyuntikan Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Ahmad Mustaqim • 13 Januari 2021 17:41
Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan sebanyak 31 fasilitas kesehatan (faskes) untuk penyuntikan vaksin covid-19. Faskes tersebut terdiri dalam berbagai kategori.
 
“Ada 18 Puskesmas, tujuh rumah sakit rujukan covid-19, empat rumah sakit umum swasta non rujukan, dan dua klinik,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Beberapa faskes rujukan covid-19 yang disiapkan untuk vaksinasi yakni RSUD Kota Yogyakarta, RS Pratama, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS PKU Muhammadiyah, dan RS Siloam. Beberapa faskes non rujukan yakni RS Bethesda Lempuyangwangi, RS Happy Land, RS Ludira Husada, dan RSI Hidayatullah. Selain itu, ada Klinik Biddokkes dan Polres.
 
Heroe mengatakan, sebanyak 45 tenaga kesehatan telah mendapatkan pendidikan untuk penyuntikan vaksin. Mereka diambil dari faskes rumah sakit maupun puskesmas, baik itu dokter dan bidan.
 
“Vaksinator yang sudah disiapkan untuk (vaksinasi) tahap pertama 46 orang. Untuk tahap kedua tambah 27 orang, jadi total 73 orang,” ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta ini.
 
Baca: Vaksinasi Covid-19 di Banten Dimulai Esok, Gubernur Tidak Disuntik
 
Ia menerangkan, vaksin sudah didistribusikan dari Dinas Kesehatan DIY ke Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Ada sebanyak 19.620 dosis yang akan diperuntukkan 9.810 tenaga kesehatan pada vaksinasi tahap pertama.
 
“Sudah dipersiapkan untuk penyimpanan vaksin di instalasi farmasi Dinas Kesehatan yang mulai 22 Januari 2021 akan didistribusikan ke Faskes yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi,” ujarnya.
 
Ia memastikan, vaksin telah aman dalam penyimpangan sesuai standar. Ia menyatakan, pengiriman vaksin ke tempat tujuan telah disediakan tempat dengan suku sekitar dua hingga delapan derajat selsius.
 
“Penyimpan vaksin di instalasi farmasi menggunakan lemari pendingin atau chiller atau refrigerator yang suhunya dikondisikan,” ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif