Kondisi banjir di Desa/Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat limpasan air Sungai Babakan. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Kondisi banjir di Desa/Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat limpasan air Sungai Babakan. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Lima Desa di Brebes Diterjang Banjir

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Kuntoro Tayubi • 08 Januari 2020 22:53
Brebes: Banjir akibat limpasan Sungai Babakan merendam lima desa di Brebes, Jawa Tengah, Rabu petang, 8 Januari 2019. Hujan lebat yang mengguyur wilayah Brebes bagian tengah ini membuat air sungai meluap menggenangi warga.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Nuhsy Mansur, mengatakan sedikitnya lima desa terdampak luapan air Sungai Babakan. Di antaranya Desa Cikeusal Lor, Cikeusal Kidul, Pamedaran, Sindang Jaya dan sebagian Buara.
 
"Desa yang terkena banjir merupakan desa yang berada di sepanjang aliran sungai tersebut. Ada lima desa mulai dari Cikeusal Kidul ke utara sampai Buara," kata Nuhsy, saat dihubungi Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lima Desa di Brebes Diterjang Banjir
 
Air mulai masuk kepermukiman warga sejak pukul 17.00 WIB. Saat ini BPBD masih melakukan penanganan dan pendataan di lokasi banjir. Upaya perbaikan dan penebalan tanggul Sungai Babakan sudah dilakukan.
 
Sebab banjir sebelumnya sudah menggenangi sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga pada Senin, 6 Januari lalu. Belum ada keterangan resmi terkait jumlah kerusakan saat ini.
 
Sementara itu, warga Ketanggungan, Rizki Ubaidilah, 36, mengatakan banjir yang masuk ke rumah rumah warga arus airnya sangat deras. Banyak penduduk yang tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya.
 
“Air yang menggenangi rumah warga sekitar satu meter. Ia meminta pemerintah daerah bersama BBWS Cisanggarung untuk segera memperhatikan kondisi ini,” kata Uki.
 
Hingga pukul 21.00 WIB, air masih menggenangi perumahan warga. Sebagian sudah mulai surut terutama di desa yang berada di perbukitan seperti Cikeusal Kidul dan Cikeusal Lor.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif