Gempa di Kabupaten Kupang, Rabu, 15 Januari 2020. (Foto: ANTARA/BMKG)
Gempa di Kabupaten Kupang, Rabu, 15 Januari 2020. (Foto: ANTARA/BMKG)

Gempa Kupang Akibat Tumbukan Lempeng Australia dan Eurasia

Nasional Gempa Bumi
Antara • 16 Januari 2020 13:31
Kupang: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa magnitudo 5,9 pada Rabu, 15 Januari 2020, di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, akibat lempeng Australia dan Eurasia.
 
"Gempa yang terjadi pada Rabu kurang lebih sebanyak dua kali, diakibatkan tumbukan lempeng Australia dan lempeng Eurasia," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, melansir Antara, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Rahmat mengatakan gempa di Kupang berada pada kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 10.53 lintang selatan dan 124.11 bujur timur. Ia mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” sambung dia.
 
Guncangan tak hanya dirasakan di Kota Kupang, tetapi juga sampai ke Timor Tengah Selatan II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
 
Hingga Kamis pagi, 16 Januari 2020, tak ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Masyarakat diharapkan tidak khawatir dengan gempa yang terjadi dan diimbau tidak mempercayai berbagai informasi yang membuat resah masyarakat.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif